Gugah Relawan Berdonor, PMI Sediakan Sembako

Pemecutan Klod, DenPost

Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung membuat Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bali mesti kerja keras dalam memenuhi kebutuhan darah. Akibat pandemi, dari 99 persen calon pendonor, jumlahnya turun menjadi 74,4 persen.

Kendati jumlah permintaan relatif stabil, UTD PMI Provinsi Bali hanya mampu memenuhi 46 persen permintaan daerah. Guna menggugah para relawan untuk mendonorkan darah, UTD PMI Bali menyediakan stimulus berupa paket sembako bagi mereka yang mendonor.

Baca juga :  Dokter Diduga Terinfeksi Covid-19 di Sanglah, Begini Faktanya

“Ada masukan, maka kami akan berbagi sembako kepada pendonor,” terang I Gusti Bagus Alit Putra, Kamis (28/5) dalam siaran pers.

Kegiatan ini berlangsung perdana pada hari ini di Markas PMI Provinsi Bali, Jl. Imam Bonjol, No. 182, Padangsambian Klod, Denpasar.

Dalam pelaksanaannya, donor darah tetap menerapkan protokol kesehatan dengan tetap menjaga jarak dan menggunakan masker. Ada dua paket yang dibagikan. Paket I terdiri dari 2,5 kg beras dan camilan donor berupa mie instan, vitamin, biskuit dan susu kaleng.

Baca juga :  Pedagang Terpapar di Pemecutan, Satu Keluarga Isolasi Mandiri

Paket II terdiri dari 1 liter minyak dan 1 kg gula pasir dan camilan serupa dengan paket I. “Yang memperoleh sembako adalah pendonor yang lolos seleksi donor dan bisa diambil darahnya. Disiapkan 100-150 paket sembako untuk pendonor,” ungkapnya.

Sembako yang ini merupakan donasi dari donatur dan ditambah dari kas UTD PMI Bali. Ia menambahkan, stimulus ini diharapkan mampu menunjang kinerja PMI dalam memenuhi stok darah yang aman, berkualitas, serta dapat memenuhi kebutuhan darah bagi yang membutuhkan.

Baca juga :  Di Denpasar, Penyekatan Juga Dilakukan di Wilayah Desa/Kelurahan  

Pada hari ini tercatat ada 230 orang pendonor. Dari jumlah tersebut 170 dinyatakan layak mendonor yang terdiri dari pendonor golongan darah A sebanyak 38 orang. Golongan darah B 49 orang, golongan darah O 72 orang dan golongan darah AB 11 orang. (106)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini