Antisipasi Kedatangan Arus Balik, Puskesmas Buleleng I Jadi Rujukan Rapid Test Gratis

TEMPAT RUJUKAN - Puskesmas Buleleng I ditunjuk sebagai tempat rujukan untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan atau melakukan rapid test para pelaku perjalanan, serta pelaku arus balik lebaran.

Singaraja, Denpost

Puskesmas Buleleng I ditunjuk sebagai tempat rujukan untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan atau melakukan rapid test para pelaku perjalanan, serta pelaku arus balik lebaran. Penugasan ini dilakukan sesuai dengan keputusan yang mengacu kepada Surat Edaran Gubernur Bali.

Semua yang masuk ke Provinsi Bali, harus dilakukan tes. Baik itu, rapid test maupun mengarah ke tes swab. Di Buleleng, Puskesmas Buleleng I dijadikan rujukan untuk melakukan rapid test ataupun mendapatkan pelayanan kesehatan. Selanjutnya, harus ada keluarga atau orang yang menjamin hidupnya selama berada di Bali. Hal tersebut diperlukan untuk menjamin kesehatan dan juga menjamin keselamatan yang bersangkutan.

Baca juga :  Status Karantina Desa Bondalem Dicabut, Warga Diminta Tetap Pakai Ini

“Agar tidak menjadi beban baru di Bali. Penjaminan dan keharusan melakukan rapid test itu juga sesuai dengan Surat Edaran Gubernur Bali,” jelas Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Buleleng, Gede Suyasa, yang juga Sekda Buleleng, Jumat (29/5/2020).

Mengenai kesiapan penugasan Puskesmas Buleleng I, Suyasa, menyebut sudah disiapkan secara matang. Peralatan maupun Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan melakukan rapid test atau pemeriksaan pun sudah disiapkan. Termasuk tidak ada biaya yang dikenakan terhadap rapid test yang dilaksanakan. “Ini sudah menjadi pertanyaan banyak pihak. Khusus untuk di Puskesmas Buleleng I yang ditunjuk melakukan pemeriksaan kesehatan, rapid testnya tidak dikenakan biaya alias gratis,” imbuhnya. (118)

Baca juga :  Pura- pura Belanja, Ucil Embat Emas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini