Cegah Covid-19, Bali Tempatkan Petugas Hingga di Banyuwangi

TEMPATKAN PETUGAS - Pemerintah Provinsi Bali, menempatkan sejumlah petugas mulai dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi dan Pelabuhan Gilimanuk.

Sumerta Klod, DenPost

Selain menetapkan aturan ketat bagi masyarakat yang akan masuk ke Bali, Pemerintah Provinsi Bali juga menempatkan sejumlah petugas mulai dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi dan Pelabuhan Gilimanuk.

Selain petugas pemerintah, desa adat meliputi pecalang juga dilibatkan dalam memantau lalu lintas di titik pemeriksaan tersebut. Bagi mereka yang tidak memenuhi persyaratan, akan dipersilakan kembali ke daerah asal.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali, I Gede Wayan Samsi Gunarta, Senin (1/6/2020), mengatakan langkah ini dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 melalui arus balik, setelah Lebaran.

Kemungkinan oknum yang lolos dari pemeriksaan diakuinya masih tetap ada. Sebab tiketing yang manual dan tingginya volume penyeberangan di jam-jam tertentu, di mana petugas sedang tidak dalam keadaan terbaiknya. “Jadi, sekali pun kita sudah melakukan penyekatan mulai dari Ketapang, satu sekat tidak sepenuhnya sempurna. Saya kira kita tetap harus bekerjasama menjaga agar tren yang baik dari penanganan Covid-19 di Bali,” ujarnya.

Baca juga :  PPTI Denpasar Gencarkan Cegah TBC

Aksi ini turut melibatkan peran Satpol PP Provinsi Bali. Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Satpol PP Provinsi Bali, Komang Kusuma Edi, mengatakan anggota Satpol PP bertugas selama 24 jam penuh di titik pemeriksaan. “Jika ada yang bisa menyeberang masuk Bali tanpa ada stempel pass dan tanda tangan koordinator maka bisa dipastikan itu lolos tanpa melalui jalur pemeriksaan kita,” ujarnya. (106)

Baca juga :  Sambut HUT Ke-234 Kota Denpasar, Tagana Susur dan Bersih Sampah di Mangrove

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini