Rp22 Miliar Penanganan Covid-19 Dianggarkan Lewat Perkada III, Ini Rinciannya

Asisten I Sekda Karangasem, I Wayan Purna

Amlapura,DenPost

Pemerintah Kabupaten Karangasem lewat Perkada III menganggarkan dana sebesar Rp22 miliar untuk penangganan Covid-19. Dana tersebut, dibagi ke dalam 3 bidang, di antaranya kesehatan, Jaring Pengaman Sosial (JPS) dan dampak ekonomi.

Asisten I Sekda Karangasem, I Wayan Purna, merinci sebesar Rp7,5 miliar akan digunakan di bidang kesehatan, Rp13 miliar telah digunakan dalam Jaring Pengaman Sosial, dan Rp1,5 miliar diperuntukkan mengatasi dampak ekonomi. “Namun dalam penggunaannya ada 9 OPD yang berhak,” ungkapnya.

Baca juga :  Pemkab Karangasem Awasi PTM Tiap Hari

Purna mengungkapkan, 9 OPD yang pertama Dinas Kesehatan diperbolehkan mengakses anggaran di bidang kesehatan untuk penanganan covid-19. Kedua, yakni RSUD bisa mengakses dana di bidang kesehatan, misalnya dalam pembelian APD atau keperluan yang menyangkut penanganan Covid-19.

Selanjutnya, yakni Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Karangasem. Selama ini, dalam penanganan Pekerja Migran Indonesia, Dinasker memiliki peran penting, sehingga Dinasker diberi akses dana di bidang kesehatan. Misalnya untuk membeli kelengkapan pengamanan PMI, membayar hotel untuk karantina dan makan minum di lapangan.

Baca juga :  Meski Warga Ber-KTP NTB Boleh Nyeberang, Padang Bai Tetap Sepi

Lebih lanjut, yang diberikan akses di bidang kesehatan yakni Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem. “Penanganan kesehatan dan menjemput PMI dibebankan pada 3 OPD tersebut. Mereka bisa mengakses dana kesehatan termasuk BBM, makan minum dan APD saat bekerja di lapangan,” ucapnya.

Sementara itu, OPD selanjutnya adalah Dinas Sosial. Di mana, Jaring Pengaman Sosial (JPS) sebesar Rp13 miliar menjadi tanggung jawab Dinsos. Selain itu, anggaran tersebut juga diperuntukan untuk dapur umum bila ada warga yang sampai diisolasi.

Baca juga :  Pekan Ini, Lima Koruptor Bedah Rumah Disidang

Untuk anggaran di bidang dampak ekonomi, Purna mengungkapkan diampu 2 OPD yaitu Dinas Perindustrian dan Perdagangan, serta Dinas Koperasi Kabupaten Karangasem. (yun)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini