Polsek Kintamani Siapkan Posko Siaga Bencana Alam

SIAGA BENCANA - Petugas Posko Siaga Bencana memperagakan penggunaan peralatan siaga kebencanaan dari seragam hingga peralatan lainnya. DenPost/istimewa

Bangli, DenPost

Kintamani merupakan daerah yang memiliki lingkungan cuaca yang cukup ekstrem, di mana letak geografisnya berada di dataran tinggi, sehingga memiliki berbagai kerawanan jika perkembangan cuaca tidak stabil. Hal ini menjadi perhatian Polsek Kintamani dengan menyiapkan posko siaga bencana alam, Kamis (4/6/2020).

“Untuk mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif, Polsek Kintamani Polres Bangli melaksanakan berbagai upaya yang humanis. Tak terkecuali perkembangan cuaca juga menjadi atensi Polsek Kintamani,” kata Kapolsek Kintamani, Kompol I Made Raka Sugita.

Baca juga :  Diduga Orang Tua Lalai Awasi Anak Bermain, Balita Tewas Tenggelam di Bak Penampungan Air

Dikatakannya, posko siaga bencana ini dibentuk sebagai kesiapsiagaan Polsek Kintamani apabila terjadi bencana alam. Menurutnya petugas akan cepat menuju TKP dengan membawa peralatan yang lengkap dari posko.

“Posko Siaga Bencana ini merupakan gagasan dari Polres Bangli yang kemudian masing-masing Polsek membentuk posko di masing-masing wilayah. Apabila ada bencana alam, anggota yang mewakili pos dapat turun ke tempat kejadian lebih cepat,” jelasnya.

Baca juga :  Pura-pura Belanja, Oknum Mahasiswa Nyolong HP Pemilik Warung

Posko siaga bencana ini memiliki alat-alat yang lengkap seperti sensaw, sepatu boot, sekop, gergaji, sabit, mantel, cangkul, helm, senter dan lainya. Dalam pelaksanaanya, tentunya memperhatikan protokol keselamatan dan kesehatan saat melaksanakan tugas di mana alat inventaris selalu dibersihkan dengan disinfektan secara rutin dan anggota yang turun ke lapangan juga selalu menggunakan masker dan mencuci tangan sebelum dan sesudah melaksanakan tugas. “Apa pun giat kami di lapangan, selalu sesuai protokol kesehatan pencegahan Corona,” pungkasnya. (128)

Baca juga :  Simpan SS, Pemuda Asal Songan Ditangkap

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini