Cuaca Buruk, Nelayan Tidak Melaut, Penyeberangan Waspada

PERAHU – Perahu-perahu nelayan di Pelabuhan Perikanan Pengambengan terpaksa disandarkan karena cuaca sedang buruk.

Negara, DenPost

Belakangan ini terjadi angin kencang disertai gelombang tinggi di wilayah pesisir Jembrana. Kondisi ini membuat para nelayan khawatir melaut. Jukung-jukung banyak yang tertambat di pinggir pantai seperti di Perancak, Yeh Kuning hingga di Medewi, Pekutatan. Untuk menyambung hidup, para nelayan ini memilih aktivitas lainnya memperbaiki alat tangkap seperti jaring hingga mencari tangkapan lain.

Seperti disampaikan nelayan di Cupel dan Pengambengan. Mereka memilih tidak melaut karena cuaca cukup berisiko.

Baca juga :  Diduga Alami Kekerasan dan Ditelantarkan, Seorang IRT Meninggal

Sementara itu di Gilimanuk juga terjadi gelombang tinggi, Jumat (5/6). Air bahkan sampai masuk ke rumah warga di wilayah Jineng Agung dan Lingkungan Asri. Akibat cuaca buruk tersebut, penyeberangan juga dalam status waspada. Kapal-kapal penyeberangan di pelabuhan Ketapang-Gilimanuk juga harus berhati-hati. Apalagi sempat terjadi insiden truk terguling di dalam Kapal Motor Penumpang (KMP) Pratitha IV.  Peristiwa tergulingnya truk sarat muatan ini berawal dari KMP tersebut  bertolak dari pelabuhan Ketapang menuju Gilimanuk. Naas, saat hendak menyandar di darmaga Movile Bridge (MB) I Pelabuhan Gilimanuk, KMP Pratitha IV yang dinakhodai Saiful, tiba-tiba oleng sehingga tali dan cincin lasing truk nopol DK 8904 UF yang dikemudikan oleh Komang Dedik Adnyana, (36) asal Desa Bengkel, Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng putus. Hal itu membuat truk roboh menimpa pikap boks nopol L 9485 AY dan truk sedang nopol DK 8277 GW.

Atas peristiwa tersebut, Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan kelas (UPP) III Gilimanuk, I Ketut Aryadana mengharapkan agar para nakhoda selalu waspada dan hati-hati selama pelayaran. (120)

Baca juga :  Kapolsek Mendoyo dan Tiga Kabag di Polres Jembrana Diganti

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini