Di-rapid Test, 9 Pedagang dan Dua Petugas Pasar Galiran Reaktif

RAPID TEST - Petugas Dinas Kesehatan Klungkung saat melakukan rapid test di Pasar Galiran, Jumat (5/6/2020)

Semarapura, DenPost

Pasca ditemukan salah seorang pedagang di Blok B Pasar Galiran positif Covid-19, tim dari Dinas Kesehatan Klungkung langsung bergerak cepat melakukan rapid test, Jumat (5/6/2020). Ada 172 pedagang dan pegawai serta karyawan koperasi di sekitar Pasar Galiran, Klungkung yang menjalani rapid test. Yang mengejutkan, dari 172 orang yang dirapid test, hasilnya ada 11 orang yang reaktif.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, sempat turun memantau proses rapid test yang dilangsungkan di Pasar Galiran tersebut. Mereka yang menjalani tes semuanya adalah orang-orang yang sempat kontak dengan pedagang positif Covid-19 asal lingkungan Pekandelan, Kelurahan Semarapura Klod tersebut.

Baca juga :  Polisi Cek Penginapan dan Hotel di Bangli

Menurut Bupati, langkah ini dilakukan sebagai pencegahan awal, agar semua yang pernah kontak langsung bisa diberikan penanganan sehingga tidak menimbulkan dampak yang lebih parah. Namun Suwirta berharap agar pedagang dan pengunjung di pasar tidak panik dan resah.

“Tim dari Diskes sudah turun melakukan penanganan sesuai dengan protokol kesehatan. Ini akan terus kita kembangkan di samping juga mencari informasi dengan siapa saja pedagang tersebut berinteraksi,” ujar Bupati Suwirta.

Baca juga :  Bongkar Kotak Sesari di Pura Ratu Pasek Pundukdawa, Mustika Diamuk Warga

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kkungkung, dr. Ni Made Adi Swapatni mengungkap, mereka yang menunjukan reaktif, 9 orang merupakan pedagang dan dua orang lagi petugas pasar. Kesebelas orang tersebut sudah langsung diswab. Selama menunggu hasil swab, mereka diwajibkan untuk melakukan isolasi secara mandiri. (119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini