Suwirta Luncurkan Inovasi Gema Tansaplas

INOVASI - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, meluncurkan Inovasi Gema Tansaplas di TOSS Center, Dusun Karangdadi, Desa Kusamba, Dawan, Jumat (5/6).

Semarapura, DenPost

Bertepatan dengan hari Lingkungan Hidup Sedunia, Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta meluncurkan Inovasi Gerakan Masyarakat Puputan Sampah Plastik (Gema Tansaplas) dan Koperasi Gema Nadi Lestari (khusus mengola sampah). Peluncuran dilakukan di Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS)  Center, Dusun Karangdadi, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Jumat (5/6).

Hadir dalam acara tersebut, Ketua DPP Asosiasi Pengusaha Sampah Indonesia (APSI), Saut Marpaung; General Manager PT. Indonesia Power Bali Power Generation Unit, Erwin Putranto; Ketua TP-PKK Klungkung,  Ayu Suwirta; Kadis DLHP, Anak Agung Kirana serta seluruh Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Klungkung.

Baca juga :  Proyek Toilet dan Plaza Kuliner di Stage Ceningan Molor, Rekanan Disanksi Denda

Dalam sambutannya, Suwirta mengajak masyarakat menggelorakan dan memerangi sampah plastik melalui Gema Tansaplas untuk menyelamatkan bumi. Dia berharap program Gema Tansaplas bisa memberantas masalah sampah khususnya sampah plastik.

“Inspirasi dari sebuah ‘puputan’ ini merupakan sebuah gerakan habis-habisan di tengah upaya kita memerangi sampah plastik yang belum selesai. Maka dari itu ‘puputan’ ini sebagai upaya dan langkah kita bersama menyelesaikan sampah plastik,” tegas Suwirta.

Baca juga :  Beri Apresiasi, Menteri BUMN Kunjungi Agen BRILink di Lampung

Menurut Suwirta, program inovasi ini tentunya tidak bekerja dengan sendirinya melainkan menggandeng APSI yang nantinya menyerap dan mengolah sampah plastik serta menggandeng PKK yang terlibat dalam Koperasi yang telah dibentuk. “Inovasi yang diluncurkan ini tidak serta merta langsung menyelesaikan masalah. Kami butuh dukungan masyarakat dan perlu komiten kita semua serta ketegasan kita dalam memberikan sanksi dari tujuh hari setelah peluncuran ini. Dan kami akan memberikan hadiah kepada masyarakat yang taat,” katanya.

Baca juga :  Sidak Pasar Negara, Loka POM Temukan Jajanan Kandung Rhodamin B

Untuk melaksanakan program Gema Tansaplas, Suwirta juga menugaskan semua kepala desa untuk membuat TOSS Desa. Termasuk mewajibkan warga memilah sampah organik dan anorganik dari rumah. Khusus untuk sampah plastik yang dikumpulkan nantinya akan dikelola Bumdesnya yang bekerjasama dengan koperasi yang dibentuk sekarang ini. “Sampah plastiknya yang dikumpulkan akan diserap oleh APSI. Sedangkan sampah organik Iangsung diolah menjadi pupuk. Sampah yang dihasilkan masyarakat di desa akan diolah TOSS desa masing-masing,” imbuhnya. (c/119)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini