Lima Parpol Sepakat Bangun Paslon Tandingan PDI Perjuangan

BANGUN KENDARAAN - Lima parpol sepakat untuk membangun kendaraan untuk pasangan calon dalam Pilkada 2020.

Sumerta Klod, DenPost

Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Nasdem, Partai Hanura dan Partai PSI. Lima partai politik ini, sepakat membangun kendaraan politik untuk calon tandingan PDI Perjuangan dalam Pilkada 2020, Desember mendatang.

Kesepakatan itu, terbentuk dalam kaukus para pimpinan lima Parpol pada, Jumat (5/6/2020), di Kantor DPD Partai Demokrat Provinsi Bali, Desa Sumerta Klod, Denpasar Timur. Ditunjuk sebagai juru bicara, yakni Ketua Dewan Pengurus Wilayah Partai Nasdem, IB Gunastawa, mengatakan pertemuan ini dalam rangka menyamakan persepsi.

Baca juga :  5.000 Lebih DPS "Gugur" di Pleno DPT KPU Karangasem

“Ada pemikiran jernih memandang Pilkada 2020 sebagai momentum penting untuk melahirkan pemimpin, tidak saja dalam konteks kepentingan demokrasi tetapi juga bisa memberikan harapan yang lebih baik dalam menyikapi krisis saat ini,” ujarnya, didampingi para pimpinan parpol yang berkoalisi.

Ada tiga kesepakatan yang lahir dalam kaukus itu, yang intinya memperkuat koalisi, baik dalam Pilkada 2020 dan parlemen di DPRD provinsi dan tingkat kabupaten/kota. Kata Gunastawa, koalisi ini, akan ditindaklanjuti para pimpinan partai di tingkat kabupaten/kota di Kabupaten Karangasem misalnya.

Baca juga :  Ini Penyebab Tak Ada Calon Perseorangan yang Mendaftar

Terlepas dari koalisi di tingkat provinsi, dia mengatakan juga telah terbangun koalisi di tingkat kabupaten, salah satunya melibatkan Partai Gerindra. “Karena level Pilkadanya di kabupaten/kota, maka koalisinya ada di tingkat kabupaten/kota. Tentu kami hormati,” ujar Gunastawa.

Menindaklanjuti kesepakatan ini, pimpinan masing-masing partai di tingkat kabupaten/kota diminta untuk segera membangun kesepakatan yang sama untuk membangun kendaraan politik.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Demokrat, Made Mudarta, menyatakan kendaraan politik itu disiapkan untuk melahirkan calon-calon tandingan dari parpol lain. “Kami siapkan kendaraan politik yang kemudian didaftarkan ke KPU, kami undang para tokoh yang siap untuk maju,” ungkapnya. (106)

Baca juga :  Sempat Direncanakan di Jagadnatha, Pelantikan Bupati Jembrana Kembali di Kantor Gubernur

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini