Buntut Dua Pedagang Pasar Badung Positif Covid-19, 19 Pedagang Jalani Swab Test

SWAB TEST - Suasana swab test pedagang di Pasar Badung Kota Denpasar, Sabtu (6/6/2020).

Denpasar, DenPost

Dua orang pedagang yang berjualan daging ayam di lantai I Pasar Badung Kota Denpasar dinyatakan positif Covid-19. Dua pedagang dari Kelurahan Penatih dikonfirmasi positif, setelah hasil swab test keluar, Jumat (5/6/2020).

Buntut dari terpaparnya dua pedagang daging ayam ini, membuat belasan pedagang lainnya harus menjalani swab test, Sabtu (6/6/2020).

Direktur Utama Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar, IB Kompyang Wiranata, membenarkan adanya dua orang pedagang yang berjualan di Pasar Badung positif Covid-19. Kedua pedagang tersebut, merupakan pedagang penjual daging ayam di lantai I Pasar Badung.
“Memang ada dua pedagang positif Covid-19. Keseharian sebagai pedagang daging ayam,” kata Kompyang Wiranata.

Dikatakan Kompyang Wiranata, dua pedagang ini diketahui positif Covid-19, setelah dilakukan test swab secara sampling di Pasar Badung menyusul adanya salah satu warga yang positif Covid-19 yang diketahui sering berbelanja di Pasar Badung. Setelah dilakukan test swab secara sampling, ternyata ada dua orang pedagang yang positif Covid-19.

Baca juga :  Garda Healthtech Jadi Solusi Perlindungan Kesehatan yang Diandalkan

Adanya dua pedagang yang positif Covid-19, Perumda Pasar langsung melakukan blocking terhadap sejumlah pedagang yang berjualan dengan radius 10 meter dari tempat pedagang positif Covid-19 yang berjualan ini.

Sementara itu, Puskesmas I Denpasar Barat bersama Perumda Pasar Sewakadarma melaksanakan swab test kepada para pedagang yang biasa berjualan di kawasan Pasar Badung. Sebanyak 19 orang pedagang yang berada pada radius 10 meter dari lokasi lapak pedagang yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19 tercatat mengikuti swab test guna memastikan status kesehatannya.

Baca juga :  12 Pejabat Eselon II Hasil Lelang di Denpasar Dilantik

“Pelaksanaan Slswab test ini sebagai tindak lanjut atau screening awal menyikapi adanya dua orang pedagang Pasar Badung yang dinyatakan positif Covid-19 sehari sebelumnya. Selain untuk memastikan kondisi kesehatan pedagang sekitar, hal ini juga sebagai upaya menberikan rasa aman dan nyaman, serta sehat bagi pengunjung dan pedagang Pasar Badung,” ujar Kompyang Wiranata.

Ditambahkan Kompyang Wiranata, untuk saat ini lokasi pedagang yang dinyatakan positif Covid-19, untuk sementara waktu tempatnya ditutup selama 14 hari. Sedangkan untuk pedagang bersebelahan pada radius 10 meter akan ditutup sementara selama 3 hari.

Baca juga :  Adu Jangkrik, Dua Warga Warnasari Tewas

“Untuk mensterilkan lokasi dan seluruh areal pasar Badung, kami lakukan disinfeksi dengan melakukan penyemprotan disinfektan setiap hari, sehingg lokasi tersebut bisa steril,” tandasnya. (112)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini