Pilkada Digeser, Denpasar Tetap Tanpa Calon Perseorangan

I Wayan Arsa Jaya

Renon, DenPost

Akibat pandemi virus corona (Covid-19),  KPU RI sepakat menggeser pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dari awalnya 23 September  2020 menjadi  9 Desember 2020. Pergeseran ini memang mengubah beberapa tahapan Pilkada, seperti pendaftaran bakal calon dan masa kampanye. Namun, untuk tahapan pendaftaran calon perseorangan, dipastikan tak berubah karena sudah dilaksanakan sebelumnya. Karena itu, sejumlah daerah yang tidak ada calon perseorangan, seperti  Denpasar dipastikan akan tetap tanpa calon perseorangan.

Baca juga :  Dukung Fungsi Pers, Koster Sebut Pemprov Siap Fasilitas Pelatihan Wartawan

Ketua KPU Kota Denpasar, I Wayan Arsa Jaya, Selasa (9/6/2020), mengatakan, terkait pergeseran pelaksanaan hari pencoblosan, pihaknya  masih menunggu regulasi lebih lanjut.  Pergeseran ini sudah merupakan pemahaman pemerintah daerah, Mendagri, KPU dan penyelenggara pemilu lainnya. Itu terungkap saat rapat online (daring) dengan Mendagri , 5 Juni lalu. Pada pertemuan itu sudah tegas disebut Pilkada dilaksanakan 9 Desember.

Dikatakan Arsa, untuk mulai melaksanakan aktivitas tahapan, beberapa PKPU perlu disesuaikan. Sekarang di pusat sedang dalam proses menyusun regulasi tersebut. Bahkan, sudah masuk dalam proses rapat dengar pendapat dengan Komisi II dan pemerintah, terkait dengan rancangan PKPU-nya. Terkait tahapannya pasti juga bergeser.  Terutama yang belum dilaksanakan sebelumnya. Sedangkan tahapan yang secara timeline sudah lewat, sepeti penjaringan bakal calon perseorangan tak dilaksanakan lagi. ‘’Untuk calon perseorangan sudah close, sehingga  Denpasar tanpa calon perseorangan, karena memang tak ada yang mendaftar,’’ katanya.

Sedangkan calon yang diusung partai politik (Parpol), kata Arsa Jaya, berlanjut  karena belum masuk proses pendaftaran.  Menurut PKPU sebelumnya,  15  Juni ini semestinya sudah masuk pada tahapan pengumuman, sosialisasi dan pendaftaran. Kemudian penetapan calon 8 Juli, pengundian nomor urut 9 Juli dan kampanye mulai 10 Juli. ‘’Karena pemilihan digeser ke Desember,  maka  pendaftaran calon dilaksanakan September nanti,’’ katanya. (105)

Baca juga :  Covid-19 di Kota Denpasar, 19 Pasien Sembuh dan Positif 11 Orang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini