Bupati Bangli Serahkan Sembako bagi Anggota Subak Tampa Dehe

Bupati Bangli, I Made Gianyar menyerahkan bantuan sembako kepada ratusan anggota subak Tampa Dehe yang dipusatkan di areal Pura Masceti, Kelurahan Bebalang, Bangli, Selasa (09/6/2020).

Bangli, DenPost

Bupati Bangli, I Made Gianyar menyerahkan bantuan sembako kepada ratusan anggota subak Tampa Dehe yang dipusatkan di areal Pura Masceti, Kelurahan Bebalang, Bangli, Selasa (09/6/2020). Dalam kesempatan itu, Made Gianyar juga menyinggung terkait upaya perbaikan jebolnya bendungan Munduk Bebengan yang berada di Lingkungan Banjar Tegalalang, Kelurahan Kawan, Bangli terpaksa ditunda. Penyebabnya, lantaran anggaran perbaikannya telah direfocusing untuk penanggulangan pandemi covid-19. Meski dimikian, dipastikan, perbaikannya akan dilakukan tahun 2021.  Dalam kesempatan itu hadir pula Kepala Dinas PKP, I Wayan Sarma, Kepala Dinas Sosial, I Wayan Karmawan, Lurah Bebalang, I Gusti Ngurah Alit.

Baca juga :  Serangkaian HUT Ke - 818 Kota Bangli, Bupati Sedana Arta Buka Kontes Anjing Kintamani

Pihaknya menyadari penderitaan yang dialami anggota subak Tampa Dehe pascajebolnya Bendungan Munduk Bebengan. Terlebih, areal Subak Tampe Dehe ini adalah lahan basah untuk menanam padi. Akibat saluran irigasi atau pengairan di Subak Tampa Dehe ini lagi jebol sehingga mengakibatkan anggota subak tidak bisa melaksanakan pertanian dengan optimal. “Saat ini, saya pastikan perbaikan bendungan Munduk Bebengan akan menjadi skala perioritas untuk dilaksanakan pada tahun anggaran 2021,” janji Bupati asal Desa Bunutin Kintamani ini.

Sementara Kepala Dinas PKP, I Wayan Sarma menyampaikan penyerahan sembako sebanyak 301 paket tersebut telah diterima langsung oleh 301 krama subak Bebalang. Disampaikan, penyerahan sembako ini berkaitan dengan jebolnya bendungan Munduk Bebengan yang mengairi lahan persawahan di lingkungan Bebalang dengan luas wilayah 103 hektar yang digarap oleh 301 anggota subak. Kata dia, dengan terjadinya jebol bendungan ini mengakibatkan kerugian sebanyak 550 ton/tahun.  “Disamping karena bendungan Munduk Bebengan jebol juga karena krama subak Bebalang kena himbas dari pandemi covid-19,” ungkapnya.
Disisi lain, Kelian Subak Pecala I Nyoman Suaryasa mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bangli yang sudah memberikan bantuan sembako kepada anggota krama subak setempat  yang saat ini tidak bisa menggarap lahannya karena mengalami kekeringan akibat bendungan Munduk Bebengan lagi jebol. Disebutkan, Subak Tampa Dehe terdiri dari 7 subak yakni Subak Pecala, Subak Uma Tai, Subak Talibeng, Subak Siladan, Subak Gancan, Subak Uma Anyar dan Subak Jelekungkang dengan anggota krama subak sebanyak 301 yang hari ini diberikan bantuan sembako. “Kami krama subak memohon agar perbaikan Bendungan Munduk Bebengan segera bisa dilakukan untuk kelangsungan hidup para petani disini,” harapnya. (c/128)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini