Pilkel Serentak di Klungkung Diundur, DPT Ikut Dirombak

0
10
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Klungkung, I Wayan Suteja.

Semarapura, DenPost

Situasi pandemi Covid -19 tidak hanya membuat sejumlah kegiatan atau program di Kabupaten Klungkung ditunda, namun juga diundur. Salah satunya Pemilihan Perbekel (Pilkel) serentak yang rencananya akan digelar pada, 14 Juni 2020.

Namun, karena situasi pandemi Covid -19, pilkel yang serentak digelar di 22 desa terpaksa harus diundur hingga Agustus mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Klungkung, I Wayan Suteja, ketika dikonfirmasi, Kamis (11/6/202), mengatakan perubahan jadwal pemungutan suara pilkel serentak di Klungkung telah dibahas dalam rapat panitia kabupaten di kantornya, Jumat (29/5/2020). Dari hasil rapat tersebut, diputuskan pilkel diundur dua bulan menjadi, 9 Agustus 2020.

Baca juga :  Sebut Corona Bukan Kiamat, Suwirta Ajak Warga Nusa Penida Lakukan Ini

“Awalnya sempat diusulkan agar pilkel serentak dilaksanakan bulan Oktober mendatang. Hanya saja itu dianggap terlampau jauh, apalagi sudah ada wacana akan diterapkannya new normal. Jadi diputuskan pada, 9 Agustus,” ujar Suteja.

Menurut Suteja, keputusan tersebut juga membuat beberapa tahapan pilkel ikut mundur, seperti jadwal kampanye calon, masa tenang, penetapan calon terpilih oleh Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) dan pengesahan oleh bupati. Di samping itu, Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sebelumnya sudah ditetapkan juga akan dirombak kembali. Mengingat, tak menutup kemungkinan ada pemilih yang meninggal, pindah ataupun baru menginjak usia 17 tahun.

Baca juga :  Klungkung Berencana Bangun Jalan Lingkar di Ceningan

Sementara Pilkel serentak di Kabupaten Klungkung, akan diikuti 22 desa, meliputi di Kecamatan Klungkung sebanyak empat desa, yakni Desa Tangkas, Jumpai, Kamasan dan Gelgel. Di Kecamatan Banjarangkan juga empat desa, yakni Desa Timuhun, Takmung, Tusan dan Tohpati. Sedangkan di Kecamatan Dawan sebanyak tujuh desa, yakni Desa Paksebali, Sampalan Klod, Sampalan Tengah, Sulang, Dawan Klod, Pesinggahan, dan Kampung Kusamba. Sementara di Kecamatan Nusa Penida juga sebanyak tujuh desa, yakni Tanglad, Batukandik, Kutampi, Klumpu, Ped, Jungutbatu dan Batununggul. (119)

Baca juga :  Ratusan Karyawan di Klungkung Dirumahkan

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini