Seka Teruna Gencarkan Gerakan Penanaman Pohon di Hutan

TANAM POHON - Kegiatan penanaman pohon yang dilakukan ST Wahana Kerthi, di hutan wilayah Pura Pagubugan.

Negara, DenPost

Kondisi hutan Jembrana, mengalami kerusakan cukup parah akibat pohon besar ditebang dan hutan beralih fungsi menjadi perkebunan dan dikapling-kapling. Karena kerusakan hutan tersebut, masyarakat mengalami dampaknya, tidak hanya pengawen tetapi warga lain.

Dampak yang paling terasa, yakni krisis air bersih saat musim kemarau. Warga yang dulu tidak pernah kekeringan, karena kondisi hutan mulai gundul mulai merasakan dampak kekeringan. Karena dampak penggundulan hutan itu, kini membuat warga makin sadar untuk mengembalikan fungsi hutan, dengan menanam pohon yang bisa mengembalikan kondisi hutan lebih baik dan bermanfaat bagi warga.

Baca juga :  Rumjab Bupati dan Wabup Jembrana Kosong

Seka Teruna Teruni (ST) yang ada di desa sebagai penyanding hutan kini mulai bergerak. Seperti yang dilakukan ST Wahana Kerthi.

Ketua ST Wahana Kerthi, I Putu Eva Parsantika, asal Banjar Kemoning, Desa Manistutu, Kecamatan Melaya, Kamis (11/6/2020), mengatakan pihaknya beberapa waktu lalu melakukan gerakan penanaman pohon di hutan dekat areal Pura Pagubugan. Sebelum membentuk ST, pihaknya sudah punya komitmen ingin menjaga dan ingin membuat sebuah kelompok/komunitas untuk menjaga dan peduli hutan.

Baca juga :  Bawaslu Temukan Pelanggaran Prokes Saat Pendaftaran Dua Paslon

Dikatakannya penanaman pohon di wilayah itu dilakukan, karena di sana merupakan salah satu objek wisata spiritual yang menurutnya sangat perlu dijaga keasrian alamnya. Di sana juga sumber debit air terbesar untuk kelangsungan warga sekitar, khususnya Manistutu Banjar Kemoning, Mekarsari dan Benel.

Untuk pohon yang ditanam, yakni bibit pohon tangi dan kayu putih. Bibit pohon didapatkan dari petugas 100-200 pohon ditanam setiap kegiatan. Kegiatan ini didampingi petugas kehutanan dan Babinsa Manistutu. (120)

Baca juga :  Jukut Serapah Membumi dalam Lomba Kuliner Tradisional di Jembrana

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini