Pulang dari Isolasi, Seorang PMI Malah Tularkan Corona

AMBIL SWAB - Pengambilan swab terhadap anggota keluarga yang menjadi kontak erat pasien yang terpapar corona di Bangli, Jumat (12/6/2020). (DenPost/ist)

Bangli, DenPost
Seorang PMI, asal Desa Tiga, Bangli, yang sebelumnya dikarantina di hotel, malah menularkan virus corona ke saudara dan ayahnya. Menurut Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bangli I Wayan Dirgayusa, Jumat (12/6/2020), awalnya hasil pemeriksaan swab PMI itu dinyatakan negatif corona.

Dia akhirnya diperkenankan pulang. Saat itu dia dijemput saudara dan ayahnya. Selang dua hari kemudian, swab keduanya keluar dan PMI itu malah dinyatakan positif.
Dalam penelusuran kontak erat, akhirnya ketahuan bahwa bapak dan saudarannya ternyata juga terpapar. “Sekarang ketiganya diisolasi Pering, Gianyar,” tegas Dirgayusa.

Baca juga :  Meriahkan Hari Bhayangkara, Polres Bangli “Ngayah” di Pura Hyang Ukir

Selain dua PMI, seorang tenaga medis asal Banjar Pembungan, Tembuku, Bangli, juga positif terpapar virus corona. . “Yang bersangkutan (petugas medis itu) sudah dirawat di Balai Diklat Provinsi Bali di Pering, Blahbatuh, Gianyar,” tambah Dirgayusa.

Menurut informasi, petugas medis tersebut sehari-hari bertugas di salah satu unit pelayanan kesehatan di Gianyar. “Ya memang asalnya dari Bangli, tapi tugas atau kerja di Gianyar,”sebut mantan Camat Kintamani ini.

Sebagai tindak lanjut, pada Jumat pagi dilakukan penelusuran terhadap kontak erat dari pasien. Diperoleh 18 orang dan hasil pemeriksaan menunggu laporan dari laboratorium.

Baca juga :  Buka Akses Jalan, DPRD Bangli Apresiasi TMMD di Pengotan

Total warga Bangli yang terjangkit virus tersebut hingga kini mencapai 102. Dari jumlah tersebut, 11 orang di antaranya masih dalam perawatan isolasi termasuk petugas medis asal Tembuku tersebut. Sedangkan 91 orang (89 persen) lainnya sembuh.
(anta)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini