Siswa SMP Swasta Terdampak Covid, Pemkot Akan Berikan Subsidi Uang Pangkal

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai.

Dauh Puri, DenPost

Untuk meringankan beban orang tua siswa SMP swasta yang terdampak Covid-19, Pemkot Denpasar akan memberikan subsidi uang pangkal. Subsidi ini, diberikan kepada siswa yang baru tamat SD dan akan melanjutkan ke sekolah swasta.

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, yang dikonfirmasi, Minggu (14/6/2020), mengatakan rencana pemberian subsidi uang pangkal bagi siswa yang akan sekolah di SMP swasta masih dimatangkan.

“Memang akan diberikan subsidi, namun saat ini sedang dimatangkan. Rencananya besok (Senin ini-red) akan dirapatkan lagi. Ini dilakukan untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19 yang akan menyekolahkan anaknya ke sekolah swasta,” kata Dewa Rai.

Secara umum kriteria yang diberikan bagi siswa yang orang tuanya tedampak Covid-19, tidak diterima di sekolah negeri dan merupakan warga Kota Denpasar, yang bisa dibuktikan dengan KK Denpasar. “Untuk lebih rinci nanti akan diatur dalam petunjuk teknis. Akan dibuatkan kriteria siapa saja yang berhak menerima. Begitupun untuk besarannya juga akan dirapatkan,” ujar Dewa Rai.

Baca juga :  Memutus Penyebaran Covid-19, Masyarakat Kuncinya

Sementara Kadisdikpora Kota Denpasar, I Wayan Gunawan, mengatakan tahun ini Denpasar melaksanakan PPDB untuk 14 sekolah negeri yang ada di Kota Denpasar. Di mana, ada satu sekolah negeri baru yang dibuka, yakni SMPN 14 Denpasar dengan daya tampung 252 siswa.

Sementara sekolah lainnya, SMPN 1 Denpasar dengan daya tampung 216 siswa, SMPN 2 Denpasar (396 siswa), SMPN 3 Denpasar (288 siswa), SMPN 4 Denpasar (324 siswa), SMPN 5 Denpasar (288 siswa), SMPN 6 Denpasar (324 siswa), SMPN 7 Denpasar (288 siswa), SMPN 8 Denpasar (288 siswa), SMPN 9 Denpasar (324 siswa), SMPN 10 Denpasar (288 siswa), SMPN 11 Denpasar (252 siswa), SMPN 12 Denpasar (324 siswa), dan SMPN 13 Denpasar (324 siswa). “Untuk daya tampung keseluruhan SMP negeri di Denpasar, yaitu 4.176 siswa,” ujarnya.

Baca juga :  Wartawan ‘’DenPost’’ Juara II Lomba Karya Tulis Jurnalistik Polresta Denpasar

Sementara itu, sebanyak 14 ribu lebih tamatan SD tahun ini yang siap mengincar 14 SMP Negeri tersebut, sehingga sekitar 10 ribuan siswa tak akan mendapat sekolah negeri yang mengakibatkan harus bersekolah di SMP swasta.

Gunawan, menyatakan pihaknya menyiapkan SMP swasta sebanyak 64 sekolah, baik SMP maupun MTs. Semua SMP swasta di Kota Denpasar, siap menampung lulusan ini. (112)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini