Petugas TOSS Center Keluhkan Limbah Medis

PILAH SAMPAH - Proses pemilahan sampah di TOSS Center di Dusun Karangdadi, Kusamba, Dawan, Senin (15/6/2020).

Semarapura, DenPost

Penanganan sampah di Kabupaten Klungkung terus mendapat perhatian Bupati I Nyoman Suwirta. Senin (15/6/2020), Suwirta turun mengecek volume sampah yang masuk ke TOSS Center di Dusun Karangdadi, Desa Kusamba, Dawan. Dari hasil pengecekan yang dilakukan ternyata volume sampah yang masuk ke TOSS Center melonjak. Ada 14 truk dan lima mobil pikap yang mengirim sampah plastik ke sana.

Kondisi ini tentunya membuat petugas pemilah sampah di TOSS Center kewalahan. Selain kewalahan, mereka juga mulai takut memilah sampah. Karena warga tidak hanya membuang sampah plastik dan residu, namun juga limbah medis berupa botol infus dan slop tangan medis. “Tenaga yang bertugas masih ada  menggunakan tangan dalam memilah sampah, sehingga sangat rentan terserang penyakit,” terang seorang pekerja.

Baca juga :  Di Klungkung, ODP Terbanyak di Kecamatan Klungkung

Sementara terkait jumlah tenaga kerja, 51 tenaga pemilah di sana biasanya hanya menangani satu truk per hari. Tapi dengan melonjaknya volume sampah yang datang mereka terpaksa harus bekerja sampai sore untuk memilah sampah. Belum lagi sampah yang dipilah menyisakan residu cukup banyak.

“Biasanya kami sudah pulang jam satu siang, tapi melihat kondisi sampah yang masih banyak bisa sampai sore kami bekerja,” ujar salah seorang petugas, Nengah Kadet.

Baca juga :  Buang Limbah ke Got, Dua Usaha Potong Babi di Banjarangkan Ditipiring

Terkait lonjakan volume sampah ini, Bupati Suwirta mengatakan akan melakukan kajian terhadap lonjakan sampah yang dibawa ke TOSS Center. Karena jika terus terjadi peningkatan, tidak tertutup kemungkinan akan ada penambahan tenaga pemilah sampah. Apalagi sampah plastik yang sudah ada di TOSS Center tidak mungkin lagi dibawa ke TPA Sente.

“Kalau kita lihat tadi sampah residu yang dicampur plastik juga masih tinggi. Mereka juga mengeluh ada botol infus dan slop tangan medis yang ikut dibuang. Jadi kita juga harus jaga kesehatan petugas di sini,” kata Suwirta. (119)

Baca juga :  Di Klungkung, Satpol PP Pergoki Empat Remaja Tengah Pesta Miras

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini