Bupati Suwirta “Obok-obok” Duktang di Eks Galian C

0
13
CEK DUKTANG - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, saat mengecek keberadaan duktang di kawasan eks Galian C, Senin (15/6/2020).

Semarapura, DenPost

Keberadaan penduduk pendatang di Kabupaten Klungkung mendapat perhatian serius Bupati Nyoman Suwirta. Pada, Senin (15/6/2020), bupati asal Ceningan ini turun “mengobok-obok” warga yang tinggal di kawasan eks Galian C, Gunaksa, Dawan.

Apalagi bupati mendapat laporan ada penduduk pendatang yang belum mengantongi surat lapor diri dan baru datang dari luar Bali.

Dengan dididamping Kasat Pol PP dan Damkar, Putu Suarta, Bupati Suwirta bersama Perbekel Gunaksa, Ketut Budiarta, dan Bendesa Adat Gunaksa, I Nengah Ariyanta, serta pecalang turun memastikan administrasi kependudukan warga yang tinggal di sekitar kawasan muntahan lahar Gunung Agung tersebut.

Baca juga :  Pujawali di Pura Penataran Ped Nusa Penida Digelar Sehari

Setelah dicek, ternyata ada duktang yang tinggal di sekitar kawasan eks Galian C. Mereka sebagian besar diketahui berasal dari Lombok dan Jawa.
Anehnya, selama beberapa tahun tinggal di eks Galian C tersebut, mereka tidak mengantongi surat lapor diri dari desa dan ada yang mengaku hilang KTP. Bahkan untuk kebutuhan listrik, mereka ada yang nekat menyambung kabel secara ilegal dengan berdalih menyewa listrik dari warga.

Baca juga :  Petugas TOSS Center Keluhkan Limbah Medis

“Setelah kita cek tadi, memang benar fakta di lapangan sebagian besar warga yang berada di sana tidak mengantongi surat lapor diri. Jumlahnya sekitar 30 orang dan mereka ada yang sudah tinggal lebih dari lima tahun ,” ujar Bupati Suwirta.

Dengan banyaknya duktang tinggal di kawasan eks Galian C, Bupati Suwirta mengaku sudah menugaskan kepala desa, bendesa maupun pecalang agar bersama-sama untuk mendata warga pendatang yang ada, sehingga lebih mudah untuk memantau. Apalagi mereka menyewa tanah dan menggunakan listrik dengan cara menyewa dari warga. (119).

Baca juga :  Warga Sakit dan Cacat Tak Dapat BLT, Suwirta Sorot Ini

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini