Masyarakat Membeludak Urus Berkas Pencatanan Sipil Lewat Daring

0
4
Dewa Gede Juli Arta Brata

Lumintang, DenPost

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Denpasar menyiapkan layanan pendaftaran dalam jaringan (daring) atau pendaftaran online untuk mempermudah pelayanan selama pandemi Covid-19. Upaya ini direspons positif. Terbukti dari membeludaknya permohonan pengurusan surat-surat pencatatan sipil lewat daring.

”Masyarakat kini bisa melakukan pengurusan surat-surat kependudukan dan pencatatan sipil dari rumah dan tidak perlu datang ke kantor Disdukcapil,” kata Kadisdukcapil Kota Denpasar, Dewa Gede Juli Arta Berata, Selasa (16/06/2020), di Graha Sewaka Dharma.

Baca juga :  Pelecehan Seksual pada Anak Marak, Ini Kata Legislator Bali

Juli Arta Brata menjelaskan, inovasi ini untuk menghindari kontak dekat antara petugas dengan masyarakat serta menghindarkan terjadinya keramaian di area pelayanan Graha Sewaka Dharma. ”Masyarakat cukup mengakses  https://akuwaras.denpasarkota.go.id dan mengunduh form yang diperlukan, melengkapinya dan kemudian mengirim melalui email yang aktif dan valid,” paparnya.

Selanjutnya komunikasi masyarakat dengan petugas terkait kelengkapan berkas dan syaratnya dilakukan melalui email. Dikatakannya, permohonan rata-rata setiap hari 50 lebih.  Dan, Selasa (16/06/2020) ini tercatat 289 lebih permohonan yang masuk. (103)

Baca juga :  Dua Langkah Baru Gubernur Wayan Koster untuk Percepat Penanganan Covid-19

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini