PKM Diperpanjang, Dewan Minta Anggaran Petugas Dievaluasi

I Ketut Suteja Kumara

Dauh Puri, DenPost

Diperpanjangnya  pembatasan kegiatan masyarakat (PKM) hingga 30 Juni 2020, disambut positif anggota DPRD Kota Denpasar. Ketua Komisi I yang juga Ketua Satgas Gotong Royong dan Solidaritas Penanganan Covid-19 DPRD Denpasar,  I Ketut Suteja Kumara, mengatakan, pada prinsipnya mendukung PKM diperpanjang demi keamanan dan keselamatan masyarakat. Namun, ada poin-poin  yang perlu diperbaiki. ‘’ Salah satunya dari sisi anggaran para petugas. Apakah nanti disuplai Pemerintah Kota Denpasar atau pemerintah desa,’’ katanya, Selasa (16/6/2020).

Baca juga :  Lagi, di Denpasar 2 Orang Meninggal Akibat Covid-19

Suteja Kumara mengatakan, apa yang dilakukan dalam PKM saat ini sangat positif, untuk menyelamatkan masyarakat dari penyebaran virus Corona. Namun yang terpenting dalam kegiatan itu bagaimana menyosialisasikan dan  mengedukasi masyarakat tentang protokol kesehatan. ‘’Jangan dianggap remeh tentang prosedur langkah-langkah mengenai protokol kesehatan ini. Jadi PKM ini tak akan bermanfaat, bila sosialisasi dan edukasi protokol kesehatan tidak maksimal. Kemudian masyarakat tak mampu menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Kalau seandainya sudah semuanya mampu menerapkan protokol kesehatan dengan baik, niscaya penyebaran virus Corona bisa ditekan,’’ ujarnya.

Baca juga :  Tenggat Mendekat, Empat Ranperda Terancam Molor

Dikatakannya, guna mewujudkan itu semua pihak mesti  mendukung dan disiplin menerapkan protokol kesehatan ini. Termasuk petugas yang ada di pintu masuk Kota Denpasar, diharapkan mengevaluasi penyetopan kendaraan yang lalu lalang, sehingga berjalan efektif. Terpenting dalam pencegahan penyebaran virus Corona ini, kata Suteja Kumara,  bagaimana memonitoring, menjaga lingkungan  banjar masing-masing. Jika ada yang tak sesuai dengan protokol kesehatan, perlu  dilakukan upaya-upaya sosialisasi dan edukasi tindak pencegahannya. Terutama mencegah transmisi lokal, yang belakangan marak terjadi. (105)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini