Aksi Saat PKM, Massa Berkumpul Tanpa Jaga Jarak

Aksi demo mahasiswa asal Papua dibubarkan pecalang.

Sanur, DenPost

Aliansi mahasiswa Papua menggelar demo di Bundaran Renon, atau tepatnya di depan Plaza Renon, Sumerta Kelod, Denpasar Timur, Rabu (17/6) sekitar pukul 10.20. Unjuk rasa yang digelar saat Denpasar menerapkan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) itu diikuti 10 orang yang dijaga ketat puluhan aparat polisi dan pecalang.

Demo yang berlangsung sekitar 20 menit itu berlangsung secara tertib. Para pendemo mengikat tali plastik di pinggang agar aksi mereka terbatas di tengah wabah corona.

Baca juga :  Polresta Denpasar Gencarkan Sosialisasi Bahaya Covid-19

Berdasarkan pantauan di lokasi demo, para pendemo menuntut pembebasan tahanan politik asal Papua. Mereka juga menuding hukum di Indonesia tidak adil karena menahan rekan-rekanya sebagai tahanan politik. Dalam aksinya mereka juga membawa kertas bertuliskan, RIP Hukum Indonesia, Hukum Rasis Terhadap Papua dan tulisan lainnya.

Di tengah aksi itu, belasan Pecalang Tanjung Bungkak, Kelurahan Sumerta Kelod, Denpasar Timur lantas membubarkan demo itu. Para pecalang yang memakai pengeras suara meminta para pendemo membubarkan diri karena dinilai mengganggu ketertiban masyarakat dan menggundang kerumunan di tengah PKM. “Kami minta kalian bubar. Jangan menggelar demo di lingkungan banjar kami,” ucap salah satu pecalang.

Baca juga :  Dewan Badung Tolak PHR Tak Dipungut, Begini Reaksi Wagub

Sementara Kapolsek Dentim Kompol Nyoman Karang Adi Putra mengatakan, jika sebelum demo, pihal perwakilan mahasiswa sempat datang ke Polsek untuk meminta izin. Namun izin belum dikeluarkan, para mahasiswa asal Papua malah menggelar aksi. “Kami akhirnya melakukan pengamanan, untuk menjaga agar tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan. Tadi mereka diminta bubar oleh pecalang karena dianggap mengganggu aktivitas warga masyarakat,” jelas Kapolsek. (124)

Baca juga :  Akhir Februari, Vaksinasi Nakes di Bali Dituntaskan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini