Pilkada di Masa Pandemi, KPU-Polda Tingkatkan Sinergi

0
8
SEPAKAT - KPU dan Polda Bali sepakat bersinergi dalam menyukseskan Pilkada serentak 2020.

Sumerta Klod, DenPost

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bali bersama Polda Bali sepakat bersinergi dalam menyukseskan Pilkada serentak 2020 pada Desember mendatang. Sinergi itu dibahas dalam pertemuan yang berlangsung di Kantor KPU Bali pada Rabu (17/6/2020).

Pertemuan dihadiri Ketua KPU Bali, Dewa Agung Gede Lidartawan bersama jajaran dan Kapolda Bali, Petrus Reinhard Golose. Lidartawan menerangkan, pada prinsipnya Polda Bali siap mendukung KPU untuk menyukseskan Pilkada di enam kabupaten/kota di Bali.

Baca juga :  Komisi III Setuju Rapid Test Gratis Disetop

“Mereka juga mencari informasi potensi gangguan dalam Pilkada. Misalnya potensi hacker (peretas), mengingat ada pelaksanaan Pilkada berlangsung daring,” ungkap Lidartawan usai rapat.

Soal hacker, dia menyebutkan bahwa Polda Bali akan menyiapkan tim untuk mengantisipasi kejahatan di dunia maya yang dapat mengganggu jalannya Pilkada. Potensi gangguan lainnya adalah kerumunan massa saat pencoblosan dan aksi anarkis.

Misalnya, ketika seorang pemilih datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) tidak mengenakan masker, tentunya akan dilarang masuk karena melanggar protokol kesehatan. Pada saat yang sama, kondisi ini dipandangnya berpotensi menimbulkan keributan.

Baca juga :  Jukir Pasar Desa Tegal Harum Positif Covid-19, 180 Orang Jalani Rapid Test

Lidartawan mengungkapkan, KPU juga akan menggelar bimbingan teknis terkait tahapan Pilkada kepada aparat TNI dan Polri. “Dalam simulasi pelaksanaan TPS, aparat juga kita libatkan. Saat ini kami menunggu Petunjuk Teknis dari KPU RI,” pungkasnya.  (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini