Empat Warga Gianyar Terpapar Corona, Seorang di Antaranya Pegawai Polda

This photo taken on March 6, 2020 shows medical staff checking on a COVID-19 coronavirus patient at the Red Cross hospital in Wuhan in China's central Hubei province. - China on March 7 reported 28 new deaths from the COVID-19 coronavirus outbreak, bringing the nationwide toll to 3,070. (Photo by STR / AFP) / China OUT

Gianyar, DenPost
Gugus Tugas Percepatan Covid 19 Kabupaten Gianyar, Jumat (19/6/2020) menyampaikan bahwa empat warga terpapar corona. Dari keempatnya itu, seorang di anataranya yakni NKN (58), warga yang tinggal Aspol Banjar Sasih, Desa Batubulan, Sukawati, Gianyar. NKN adalah pegawai negeri sipil (PNS) di Polda Bali.

Sedangkan tiga lainnya yakni SAKP (51), ibu rumah tangga beralamat Banjar Triwangsa, Desa Kelusa, Payangan, Gianyar; PWA (22) beralamat KTP Kecamatan Banjarangkan, Klungkung dengan alamat tempat tinggal di Jl. Sinta, Bitra, Gianyar; dan NWN (74) beralamat di Banjar Pande, Desa Tulikup, Gianyar.

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Kabupaten Gianyar, Made Gede Wisnu Wijaya, melalui WA menyampaikan bahwa NKN pada Senin (8/6/2020) menjalani tes cepat di Polda Bali bersama seluruh polisi di sana. Saat itu NKN terdekteksi muncul gejala khas corona yakni kehilangan indra penciuman dan demam.

Baca juga :  Labrak SE Gubernur Bali, Karaoke Platinum dan EC Tetap Buka saat PPKM Level 4

Kemudian dilakukan rapid test dan hasilnya reaktif Pada Senin (15/6/2020), NKN menjalani tes swab di RSUP Sanglah. Pada Rabu (17/6/2020) hasil swabnya disampaikan Balai Laboratorium RSUP Sanglah dengan hasil positif. Pada Kamis (18/6/2020) sekitar pukul 23.30, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar dr. Ida Ayu Cahyani Widyawati, M.Kes. menerima informasi dari Kepala Dokdakes Polda Bali bahwa salah seorang anggotanya dinyatakan positif corona.

Kepala Dinas Kesehatan Gianyar lalu menyampaikan ke tim surveillance Gianyar untuk segera melakukan penyelidikan epidemiologi. Pada Jumat (19/6/2020), tim surveillance dan petugas Puskesmas Sukawati 2 melakukan penelusuran dan rapid test terhadap 7 orang, dan 3 di antaranya dengan hasil reaktif. Mereka lalu menjalani tes swab. Sedangkan NKN di karantina di Bapelkes Provinsi Bali. Rencananya NKN dirujuk ke RS PTN Unud mengingat usianya masuk kelompok risiko yang perlu penanganan lebih intensif.

Baca juga :  Sadguna Harapkan Ekonomi Bali Lebih Kokoh

Pada Sabtu (20/6/2020) tiga orang yang hasilnya reaktif bakal menjalani tes swab di RSUD Sanjiwani. Kasus kedua SAKP (51), seorang IRT beralamat di Banjar Triwangsa, Desa Kelusa, Payangan, Gianyar.

Kronologinya pada Kamis (4/6/2020) SAKP berobat ke dokter praktik swasta di Desa Keliki. Mempertibangkan kondisinya, SAKP lalu dirujuk ke RS Payangan dan ditangani dokter UGD dan dokter spesialis penyakit dalam dengan diagnosa DHF great 1. Pada Jumat (5/6/2020) pukul 01.30 kondisi pasien tidak memungkinkan untuk dirawat di RS Payangan. Dia selanjutnya dirujuk ke RSPTN Unud. Pada Rabu (10/6/2020) SAKP menjalani tes swab kedua dengan hasil positif corona.

Baca juga :  Ciduk Jambret Berbekal Plat Motor Pelaku

Kasus ketiga yakni PWA (22) asal Banjarangkan Klungkung dengan alamat tinggal di Jl. Sinta, Bitra, Gianyar. Kronologinya: PWA merupakan OTG dari kasus positif nakes RS swasta di Gianyar. Pada Rabu (17/6/2020) PWA menjalani tes swab I dengan hasil positif. Kasus keempat yakni NWN (74) beralamat di Banjar Pande, Desa Tulikup, Gianyar. Kronologinya: PWA kontak erat dengan cucunya yang nakes.

Pada Selasa (9/6/2020) PWA terakhir bertemu dengan sang cucu yang positif corona. Pada Rabu (17/6/2020) PWA diambil swab di RSU Sanjiwani, dan pada Jumat (19/6/2020) hasil PCR-nya positif corona. Dia dirawat di ruang Kamboja (isolasi) RSU Sanjiwani Gianyar. (yul)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini