Tiga SMP Masih Jadi Incaran Siswa di Bangli

0
7
Kadisdik Bangli, I Nengah Sukarta.

Bangli, DenPost

Untuk pertama kalinya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kabupaten Bangli dilakukan secara daring atau secara online. Selain lebih praktis, kebijakan ini juga dilakukan karena masih dalam suasana pandemi corona.

Tiga sekolah (SMP) masih menjadi incaran para siswa di Bangli. Hal ini terlihat dari hasil PPDB sementara selama dua hari ini sejak mulai dibuka, Kamis (18/6/2020).

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bangli, I Nengah Sukarta, mengatakan proses PPDB daring kali ini seharusnya menggunakan aplikasi online sesuai petunjuk dari Kementerian Pendidikan. Namun karena terkendala fasilitas, sehingga Bangli sementara ini mengambil alternatif sementara dengan menggunakan aplikasi google form di masing-masing sekolah.

Baca juga :  Diduga Epilepsi, Seorang Tewas Tenggelam

“Kami pakai aplikasi Kementrian Dikbud kalau bisa tembus, tapi cadangan tetap dengan aplikasi sederhana google form,” kata Sukarta, Jumat (19/6/2020).

PPDB untuk tingkat SMP dibagi menjadi empat jalur. Jalur zonasi dengan porsi 50 persen, jalur prestasi (akademik maupun nonakademik) sebanyak 30 persen, jalur keluarga kurang mampu (afirmasi) 15 persen, sedangkan jalur perpindahan tugas orang tua 5 persen.
“Mekanisme proses PPDB diawali jalur afirmasi dan jalur perpindahan orang tua,” ujarnya.

Baca juga :  Antisipasi Bencana, Ini yang dilakukan BPBD Bangli

Seleksi jalur afirmasi dan perpindahan berlangsung selama 3 hari yakni, 18 Juni hingga 20 Juni dan pengumuman akan dilakukan 24 Juni. Untuk jalur prestasi yang akan dilaksanakan mulai 25 Juni sampai dengan 27 Juni, dan pengumuman 1 Juli 2020. Kemudian jalur zonasi dari 2 sampai dengan 3 Juli 2020 dan pengumuman dilaksanakan 7 Juli. (128)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini