Komisi III Setuju Rapid Test Gratis Disetop

0
7
Ketua Komisi III DPRD Bali, I Gusti Ayu Diah Werdhi Srikandi Wedastraputri Suyasa

Sumerta Klod, DenPost

Gubernur Bali, Wayan Koster memutuskan untuk menyetop layanan tes rapid gratis bagi pengemudi angkutan logistik yang akan masuk ke Bali. Langkah ini dilakukan demi efektifnya anggaran untuk memaksimalkan penanganan pandemi Covid-19.

Soal sikap eksekutif tersebut, Ketua Komisi III DPRD Bali, I Gusti Ayu Diah Werdhi Srikandi Wedastraputri Suyasa, mengaku setuju. Menurutnya, selama ini  para sopir angkutan logistik sudah mendapat perlakuan istimewa karena tes rapid gratis.

Sedangkan bagi pelaku perjalanan orang, rapid test dibiayai mandiri. “Biaya rapid test bagi sopir logistik kan menjadi tanggung jawab perusahaan. Masa mau cari untung saja di Bali, tapi tidak mau membiayai rapid test untuk sopirnya,” seloroh  Diah, Jumat (19/6).

Baca juga :  Upacara "Pengelukatan Suda Mala", Upaya Niskala Cegah Covid-19

Ketentuan setiap orang yang masuk ke suatu wilayah harus bebas Covid-19, kata dia, merupakan kebijakan nasional. Termasuk ketika akan menuju Bali. Orang yang masuk melalui pelabuhan harus dapat menunjukkan hasil rapid test dengan hasil reaktif.

Apabila masuk melalui bandara, maka harus ada surat keterangan swab berbasis PCR dengan hasil negatif. Kebijakan yang diterapkan oleh Pemprov Bali linier dengan kebijakan nasional. “Apa yang menjadi kebijakan Pemprov Bali telah menerapkan kebijakan nasional,”  tuturnya.

Baca juga :  Tanpa PHR, Dewan Denpasar Minta Pajak Sektor Ini Diintensifkan

Ia menilai pengeluaran anggaran oleh Pemprov untuk layanan tes rapid gratis cukup tinggi. Itu disebabkan intensitas lalu lintas pengiriman logistik yang cukup padat. Dalam sehari, jumlahnya seribuan orang. Layanan tes rapid gratis ini berlaku sejak April karena memasuki arus mudik. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 melalui kasus luar. “Pelayanan rapid sekarang sangat mudah, karena fasilitas kesehatan swasta juga banyak yang melayani rapid test,” tegasnya.

Mengenai harga tes, kata dia, telah ditetapkan

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini