Miliki Ijin Penyelengaraan Sanggar, Ini Peluang yang Didapat

0
3
Kabid Kesenian Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, Dwi Wahyuning Kristiasanti

Denpasar,DenPost

Sanggar kesenian di Kota Denpasar, wajib memiliki ijin penyelengaraan sanggar. Dengan memiliki ijin itu, akan memudahkan pemilik sanggar di dalam ajang pentas, baik di Kota Denpasar maupun di tingkat Provinsi Bali.

Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, IGN Bagus Mataram, didampingi Kabid Kesenian, Dwi Wahyuning Kristiasanti, saat ditemui di Kantor Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, Senin (22/6/2020), mengatakan sanggar kesenian yang ada Kota Denpasar, mendapatkan perhatian tersendiri atau luar biasa. Dalam artian, dalam sisi sanggar ini diberikan ruang berkreativitas yang disiapkan secara khusus Pemkot Denpasar. ”Contohnya sebelum pandemi Covid-19, Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung, dan Taman Kota Lumintang Denpasar jadi ruang presentatif bagi sanggar kesenian. Hal itu juga sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat, terutama pembinaan yang dilakukan di sanggar,” kata Bagus Mataram.

Baca juga :  Hendak Trek-trekan, Puluhan Pemuda Diperiksa

Sementara Wahyuning Kristiasanti, yang akrab disapa Wiwin, menambahkan selain menunjukkan hasil pembinaan selama ini, sanggar ini juga bisa menjadi wahana promosi saat tampil di lapangan yang disiapkan Pemkot Denpasar. ”Lapangan Puputan Badung I Gusti Ngurah Made Agung dan Taman Kota Lumintang menjadi tempat yang sangat presentatif oleh masyarakat sebagai tempat bersantai. Jadinya itu kelebihan kenapa ruang terbuka dijadikan wahana Kota Denpasar untuk sanggar-sanggar ini bisa tampil di sana. Inilah sebagai bentuk perhatian pemerintah,” ujarnya.

Selain diberikan ruang, lanjut dia, Pemkot Denpasar juga memperhatikan kelembagaan mereka yang dipayungi Pemkot Denpasar melalui Dinas Kebudayaan Kota Denpasar. ”Jadi, kami di bidang kesenian memiliki tanggung jawab untuk bisa melakukan pembinaan dan pengawasan kepada mereka. Karena itulah, sanggar salah satunya harus memiliki ijin penyelenggaraan sangar. Jadi bagi mereka yang ingin memiliki sanggar silahkan membuka sanggar dan sudah berjalan, kami persilahkan untuk mendaftar ke Dinas Kebudayaan Kota Denpasar maupun pendaftaran online melalui website kebudayaan.denpasarkota.go.id. Semua persyaratan ada di website ini,” ujarnya.

Baca juga :  Rai Mantra Kembali Tegaskan Warga Denpasar Jangan Pulkam

Dengan memiliki ijin penyelengaraan sanggar dan terdata di Dinas Kebudayaan Kota Denpasar, maka sanggar ini akan diberikan apresiasi oleh Pemkot Denpasar dengan pemberian penghargaan setiap setahun sekali, setiap HUT Kota Denpasar. Penghargaan itu diberikan dengan persyaratan yang sudah ditentukan, salah satunya aktif dan memberikan edukasi kepada masyarakat melalui sanggar-sanggar ini. Selain itu, sanggar-sanggar yang terdata untuk ikut serta dalam kegiatan-kegiatan yang dimiliki Pemkot Denpasar dan bisa mengikuti kegiatan di tingkat Provinsi Bali. ”Untuk mengikuti kegiatan di Provinsi Bali, salah satu persyaratannya adalah ijin penyelenggaraan sanggar dari kabupaten/kota wilayah sanggar ini,” tandasnya. (112)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini