Gunakan Kartu ATM Palsu, Warga Asing Ditangkap

0
4
DITANGKAP - Seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Estonia, Dmitri (35), saat menarik uang di salah satu ATM di Jalan Teuku Umar Barat, Denpasar Barat (Denbar), Senin (22/6/2020).

Kereneng, DenPost

Tim Resmob Polda Bali mengungkap kasus pencurian data nasabah dengan modus skimming. Polisi meringkus seorang pelaku yang merupakan Warga Negara Asing (WNA) asal Estonia, Dmitri (35), saat menarik uang di salah satu ATM di Jalan Teuku Umar Barat, Denpasar Barat (Denbar), Senin (22/6/2020) sekitar pukul 20.00.

Menurut informasi pada  Selasa (23/6/2020), pria yang tinggal di salah satu penginapan di wilayah Padang Sambian itu melakukan aksi kejahatannya dengan modus memakai kartu putih (kartu elektrik) yang dipakai memindahkan data nasabah. “Modus kejahatan itu sama dengan aksi sebelum-sebelumnya. Komplotan ini memasang alat pemindah data di mulut mesin ATM (tempat memasukan kartu) bernama router. Dan kamera super kecil untuk merekam nomor pin ATM korbannya. Setelah itu, data nasabah dipindah ke kartu putih,” kata seorang sumber petugas.

Baca juga :  Cegah Penularan Rabies, Distan Denpasar Siapkan Ini

Terungkapnya kasus tersebut, lanjut sumber , berawal dari kecurigaan aparat terhadap gerak-gerik tersangka di salah satu ATM di Jalan Teuku Umar Barat. “Petugas lantas mengawasi tersangka karena gelagatnya mencurigakan,” ucapnya.

Kemudian tersangka disergap. Setelah dilakukan penggeledahan, petugas menemukan kartu ATM palsu atau kartu putih. Beserta barang bukti pelaku kemudian digelandang ke Polda Bali. “Tersangka mengaku melakukan aksinya beberapa kali di ATM di Denpasar dengan kartu ATM palsu. Polisi menduga tersangka hanya berperan menarik uang. Sedangkan yang memasang kamera dan alat perekam data kompolotan lainnya yang masih buron,” katanya.

Baca juga :  Terapkan PKM, Desa Adat Denpasar Data Penduduk Pendatang

Sementara Direktur Reskrimum Polda Bali, Kombes Dodi Rahmawan, saat dimintao konfirmasi, belum memberikan keterangan terkait penangkapan pelaku skimming itu. (124)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini