KPU Bangli Petakan Alokasi TPS, Ini Tujuannya

0
4
PEMETAAN - PPS melakukan pemetaan TPS di Kintamani. DenPost/ istimewa

Bangli, DenPost

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangli mulai memetakan alokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk Pilkada 9 Desember 2020 mendatang. Khusus di Bangli, kegiatan ini sudah dimulai sejak sepekan sebelumnya, dan pekan ini masih berlangsung dengan menyasar wilayah Kecamatan Kintamani.

“Saat ini masih berlangsung pemetaan alokasi TPS oleh operator pemutakhiran data pemilih KPU Kabupaten Bangli dengan PPS. Di mana pemetaan ini sudah berlangsung selama satu minggu, Senin dilanjutkan di Kecamatan Kintamani yang berlangsung hingga Rabu,” kata Ketua KPU Bangli, Putu Gede Pertama Pujawan, Selasa (23/6/2020).

Baca juga :  Seorang Warga di Bangli Bangun Palinggih Isi Kloset

Pujawan menjelaskan, pemetaan TPS ini menjadi penting karena ada perubahan jumlah pemilih dalam setiap TPS pada Pilkada serentak tahun 2020 ini, sesuai dengan surat edar KPU nomor 421 tertanggal 5 Juni 2020.

“Kalau sebelumnya paling banyak jumlah pemilih setiap TPS itu 800 orang, maka pada edaran ini, maksimal jumlah pemilih itu sebanyak 500 orang. Ini untuk menyesuaikan dengan kondisi saat ini yakni masa pandemi virus Corona,”  terangnya

Baca juga :  Pedagang Pasar Kayuambua Terima Sembako dan Masker

Pengurangan jumlah pemilih bertujuan menghindari terjadi kerumuman ketika warga atau pemilih datang menggunakan hak pilih mereka. Hal ini merujuk pada penerapan social distancing dan physical distancing yang harus diterapkan secara optimal. (128)

 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini