Sembilan Warga Digigit Anjing, Jembrana Gelar Vaksinasi Massal

0
4
VAKSINASI - Vaksinasi dilakukan terhadap ratusan anjing peliharaan warga yang ada di Desa Mendoyo Dauh Tukad .

Negara, DenPost

Pascaadanya anjing rabies yang mengigit sembilan orang warga, Pemkab Jembrana menggelar vaksinasi massal. Vaksinasi digelar di Kantor Desa Mendoyo Dauh Tukad.

Desa Mendoyo Dauh Tukad memang  tergolong daerah zona merah rabies , selain Desa Tuwed serta Kelurahan Sangkaragung di Jembrana . Pelaksanaan vaksinasi rabies juga dipantau Bupati Jembrana, I Putu Artha, Selasa ( 23/6/2020).

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana , I Wayan Sutama mengatakan , saat ini tingkat populasi anjing di Kabupaten Jembrana  mencapai 46.955 ekor.  Dari jumlah populasi itu, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Jembrana saat ini baru bisa melakukan vaksinasi sebanyak 42.082 ekor atau 89,62 persen saja.

Baca juga :  Urai Kemacetan di Gilimanuk, Gugus Tugas Jembrana Koordinasi ke Ketapang

Sementara untuk kasus gigitan selama 2 tahun terakhir 2018-2019 trendnya mengalami peningkatan, bahkan di tahun 2020 ini kasus gigitan yang telah dinyatakan positif sebanyak 4 kasus.

Vaksinasi katanya untuk mencegah meluasnya kasus , khususnya di daerah berkategori zona merah rabies. “Kita fasilitasi vaksin terhadap ratusan anjing-anjing peliharaan warga masyarakat yang ada di wilayah Desa Mendoyo Dauh Tukad. Kita targetkan seluruh anjing dari populasi 825 di Mendoyo Dauh Tukad bisa diberikan vaksin , “ kata Sutama .

Baca juga :  Saat Ngantor, ASN Jembrana Harus Lakukan Ini

Anjing yang telah divaksin diberi tanda dan pemilik diberi kartu vaksinasi yang bisa dibawa jika hewan membutuhkan konsultasi kesehatan atau pengobatan lain di pusat kesehatan hewan (Puskeswan) setempat . Selain itu juga untuk mengetahui riwayat penanganan kesehatan hewan peliharaannya . (120)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini