Bupati Bangli Berencana Karantina Wilayah Abuan Kangin

0
5
KETERANGAN PERS - Bupati Bangli, I Made Gianyar saat memberikan keterangan pers. DenPost/ist

Bangli, DenPost

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangli berencana menerapkan karantina wilayah untuk Banjar Abuan Kangin, Desa Abuan, Kecamatan Susut. Hal ini menyusul terjadinya lonjakan sebaran virus corona akibat transmisi lokal yaang menimpa satu keluarga dengan jumlah 14 orang. Bupati Bangli I Made Gianyar, selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bangli, menyebutkan hal itu dalam keterangan pers Selasa (23/6/2020) usai rapat tim.

“Ini masih rencana, sambil menunggu tracking (penelusuran) yang dilakukan Dinas Kesehatan (Diskes) di Abuan Kangin, selain warga yang sudah positif itu. Tergantung hasil swabnya nanti. Jika memang ada penambahan, maka kemungkinan kami menerapkan karantina wilayah. Mereka yang positif itu selama ini tak menunjukkan gejala sakit atau masuk kategori orang tanpa gejala (OTG),” tegas I Made Gianyar.

Baca juga :  Pengusaha Hotel di Buleleng Banting Harga 50 Persen

Disebutkannya, tim gugus tugas saat ini melakukan tracking terhadap 150 warga Banjar Abuan Kangin dan Kauh. Mereka telah di-rapid test (tes cepat) dan tes swab. Sedangkan hasilnya baru dapat diketahui pada Rabu (24/6) ini. Kalau memang hasil tes swab ke-150 orang tersebut menunjukan reaktif, maka pihaknya bakal melakukan karantina banjar. “Tunggu saja hasil swabnya biar keluar dulu, setelah itu barulah kami bisa menuntukan sikap,” tambah Bupati Bangli dua periode ini.

Made Gianyar juga menyebutkan tidak ada orang hebat menangani virus corona. Jangankan warga yang pemahaman tentang corona masih rendah, malahan tenaga medis pun bisa terpapar. Karena itu dia mengajak masyarakat uselalu waspada terhadap ancaman pandemi corona. “Kewaspadaan ini bukan untuk siapa-siapa, tapi untuk menjaga kesehatan kita semua. Mari lindungi keluarga kita masing-masing dari wabah corona ini,” pintanya.

Baca juga :  Satu PDP di Selulung Positif Covid-19

Sebelumnya DenPost memberitakan penyebaran virus corona dengan penularan secara transmisi lokal di Bangli kembali melonjak drastis. Pada Senin (22/6/2020) lalu dilaporkan ada penambahan 15 kasus baru di Desa Abuan, Kecamatan Susut. Sebanyak 14 orang di antaranya berada di Banjar Abuan Kangin.

Mereka tinggal satu pekarangan rumah alias satu keluarga. Sedangkan satu orang lagi dari Banjar Serokadan. Khusus di Abuan Kangin merupakan klaster tenaga kesehatan (perawat) yang bertugas di salah satu rumah sakit swasta di Gianyar. (anta)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini