Perumda Pasar Sewaka Dharma Perketat Pengawasan Pedagang

0
3
Dirut Perumda Pasar Sewaka Dharma Kota Denpasar, IB Kompyang Wiranata

Dauh Puri, DenPost

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Sewaka Dharma Kota Denpasar memperketat pengawasan terkait protokol kesehatan terhadap pedagang yang berjualan di Pasar Badung maupun pasar lainnya. Pasalnya, tukang suwun (jinjing) dan pedagang canang di Pasar Kumbasari sebelumnya sempat ada yang positif Covid-19.

”Penularan virus corona di Pasar Kumbasari sudah ditelusuri dan pasar sempat ditutup tiga hari. Sekarang sudah dibuka kembali dan klaster di pasar sudah bersih. Kami harapkan pedagang yang berjualan di pasar lain tidak ada tertular virus Corona sehingga harus mematuhi protokol kesehatan lebih ketat dan disiplin,’’ kata Dirut Perumda Pasar Sewaka Dharma Kota Denpasar, IB Kompyang Wiranata, Rabu (24/06/2020).

Baca juga :  Perumda Tegaskan Pasar Tradisional di Denpasar Tetap Buka

Kompyang Wiranata menjelaskan, sebelum terjadi penularan virus Corona di Pasar Kumbasari, sidak dilakukan hanya beberapa kali seminggu. Namun sekarang sidak dilakukan setiap hari oleh tim satgas, bagian pengawasan Pasar Sewaka Dharma dan satpam. ”Kalau ada pedagang saat berjualan tidak mengikuti protokol kesehatan diberikan sanksi teguran dan tertulis. Sampai ada pedagang dua kali melanggar dan tidak mengindahkan apa yang disampaikan, maka tempat berjualan ditutup untuk menghindari penularan virus Corona,’’ ujarnya.

Baca juga :  Terkait Stimulus, Diskop Denpasar Hanya Ajukan 147 Koperasi ke Pemprov

Lebih lanjut Kompyang Wiranata mengungkapkan, pascatertularnya pedagang ikan di Pasar Kumbasari, pedagang pelataran dipindahkan ke pelataran Pasar Badung guna menghindari pengunjung berdesak-desakan saat berbelanja. Sementara pedagang ikan dan pedagang daging tidak pindah sehingga bisa mengatur jarak tempat berjualan.

”Pindahnya pedagang sayur, buah dan bumbu maka tempat berjualan pedagang ikan dan daging di pelataran Pasar Kumbasari semakin lebar,’’ jelasnya.  (103)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini