Duduk di Balai Piasan Pura Batungaus, Seorang WNA “Diburu” Pecalang

0
8
DUDUK - WNA perempuan yang duduk di balai piyasan di Pura Batungaus, Desa Cemagi.

Mangupura, DenPost

Kasus Warga Negara Asing (WNA) “melecehkan” tempat suci kembali terjadi. Sebuah video memperlihatkan seorang WNA tengah duduk balai piayasan di Pura Gede Luhur  Batungaus di wilayah Pantai Mengening, Cemagi, Mengwi ramai dibicarakan di media sosial. Kejadiannya diduga pada Selasa (23/6/2020) sore. Hal ini dibenarkan Perbekel Cemagi, Si Ketut  Wirama, saat dimintai konfirmasi, Rabu (24/6/2020).

Dia mengaku sudah mengetahui WNA yang masuk ke areal Pura Gede Luhur  Batungaus tersebut. WNA tersebut katanya akan dicari, apalagi diperkirakan bule itu diam di wilayah Canggu. “Jadi setelah melakukan pengecekan CCTV, kami pastikan memang itu terjadi di Pura Gede Luhur  Batungaus Desa  Adat Cemagi. Bahkan kini kami sudah mengetahui WNA tersebut dan motor yang dibawanya,” ungkap Wirama.

Baca juga :  Dewan Dorong Pemerintah Badung Kuliahkan Siswa Berprestasi Hingga S3

Kendati sudah mengetahui, pihak desa yang terdiri dari desa adat dan pecalang masih ”memburu” WNA tersebut. “Kami ingin mediasi, ingin memastikan WNA tersebut gila atau bagaimana. Saat ini masih dilakukan pencarian oleh pihak desa adat,” katanya.

Sampai sekarang dirinya tidak tahu apa yang ingin dicari WNA tersebut ke pura. Padahal, kata Wirama, di pintu masuk sudah terdapat tulisan larangan masuk ke areal pura. “Ada tulisan berbahasa Bali, Indonesia dan Inggris, tapi tetap juga dia kesana. Malah dia masuk dengan melompati pagar lantaran pintu terkunci,” jelasnya.

Baca juga :  Bedah Perda Desa Adat, Kapolres Ajak Masyarakat Tak Arogan

Lebih lanjut dikatakan, pencarian terhadap WNA itu dilakukan agar kejadian serupa tidak terulang lagi. “Saya rasa wisatawan yang lama di Bali tau larangan itu. Mungkin ini namanya godaan di tengah Covid-19. Kami akan introspeksi diri terkait apa yang harus dilakukan dengan adanya kejadian ini,” katanya. (115)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini