Hadirkan Bung Karno Dalam Citarasa Lokal, PDIP Sosialisasi Lima Pangan Substansi

0
10
MATANGKAN PERSIAPAN - Jajaran panitia Pelaksanaan Peringatan Bulan Bung Karno mematangkan persiapan sosialisasi pangan substansi

Sumerta Klod, DenPost

Mengaktualisasi sosok Bung Karno dalam khasanah kuliner menjadi bagian dari peringatan Bulan Bung Karno tahun 2020 ini. Hal itu dilakukan DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali dengan menggelar sosialisasi memasak virtual, yang berlangsung 26 Juni mendatang.

Ketua Umum Panitia Pelaksanaan Peringatan Bulan Bung DPD PDIP Provinsi Bali, Dewa Made Mahayadnya mengatakan, kegiatan ini berlangsung di sembilan DPC PDIP yang diikuti hingga 100 peserta dan dapat diakses secara umum di aplikasi zoom dan YouTube.

“Bahan yang disosialisasikan menggali kearifan lokal Bali terutama bahan pangan. Misalnya di Bangli, dikenal dengan ubinya,” ungkap politisi yang juga Ketua Fraksi PDIP DPRD Provinsi Bali, didampingi jajaran dalam jumpa pers pada Rabu (24/6/2020) di Kantor DPD PDIP.

Baca juga :  Ini Hasil Laboratorium Pasien Asal Demulih

Akan ada lima pangan substansi yang bakal disosialisasikan, antara lain jagung, keladi, singkong, ketela rambat dan kacang. Bahan lainnya, berupa daging ayam dan kambing. Pria yang akrab disapa Dewa Jack ini mengatakan, kegiatan ini juga melibatkan Indonesian Chef Association (ICA).

Wakil Bidang Even ICA Bali, Chef Arianta menjelaskan, lima pangan substansi itu dapat menggantikan nustrisi yang terkandung dalam nasi putih maupun nasi merah, bahkan lebih menyehatkan. Bahan substansi ini juga dapat menjadi pengganti makanan instan.

“Masyarakat sangat paham tentang namanya diet karbo, dan tren sekarang sudah mengarah kepada makanan yang organik. Kami akan kolaborasikan antara rasa, tampilan dan kadar gizi,” ungkapnya. Kata dia, sosialisasi ini sekaligus menjadi edukasi tentang potensi pangan di kabupaten/ kota.

Baca juga :  Sebut Tak Ada Kenaikan Tarif, PLN Diminta Cepat Tanggapi Keluhan Pelanggan

Sebagai partai yang mengadopsi idelogi Bung Karno, melalui kegiatan ini PDIP ingin memperkenalkan secara luas tata cara pengolahan bahan pokok pangan substitusi berbasis potensi lokal alam Bali berdasarkan resep Mustika Rasa Bung Karno.

Made Ramia Adnyana selaku Koordinator Daerah Kegiatan Sosialisasi Bahan Pangan mengatakan, pihaknya berharap kegiatan ini dapat memberi pengetahuan kepada masyarakat umum terkait bahan pangan pokok pengganti beras agar dapat bertahan dimasa Pandemi Covid-19 ini.

Ketua DPD ICA Bali, Hendra Mahena menyebutkan terdapat 27 chef dan ditugaskan di masing masing DPC PDI Perjuangan se Bali untuk mengawal kegiatan sosialisasi ini. (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini