Dukung Pilkada di Masa Pandemi, Korem Atensi Penerapan Prokes

KOMSOS - Danrem 163/ Wira Satya saat membuka Komsos dengan aparat pemerintah, Rabu (24/6/2020).

Denpasar, DenPost

Selain memastikan Pilkada serentak tahun 2020 berlangsung aman dari potensi anarkisme, aparat TNI-Polri juga mengatensi penerapan protokol kesehatan pada hari pencoblosan dalam Pilkada 2020, Desember mendatang.

Hal tersebut seiring dengan kepentingan untuk mengendalikan penularan Covid-19 melalui transmisi lokal. Komandan Korem 163/ Wira Satya, Brigjen TNI Husein Sagaf mengatakan itu, Rabu (24/6/2020) di Aula Korem.

“Kita saling mengingatkan, karena kita tidak ingin di tengah Pilkada nanti malah terjadi penyebaran yang lebih banyak,” ungkap Danrem yang saat itu membuka kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos).

Secara prinsip, dia menyebutkan bahwa Korem 163/ Wira Satya siap mendukung seluruh tahapan Pilkada serentak yang berlangsung di enam kabuapyen/kota di Bali. Antara lain Kota Denpasar, Kabupaten Badung Tabanan, Jembrana, Bangli dan Karangasem.

Baca juga :  Reses Dewan Bali, Infrastruktur Rusak di Gianyar Kembali Jadi Keluhan

Terkait gambaran penerapan protokol kesehatan di TPS, Danrem mengatakan itu masih digodok oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten/ Kota dan Provinsi. Kata dia, penerapan protokol kesehatan akan merujuk kepada kebijakan pemerintah daerah.

Antara lain wajib mengenakan masker, mengenakan selop tangan, menjaga jarak fisik, mencuci tangan. Ketua KPU Bali, Dewa Agung Gede Lidartawan mengatakan terjadi beberapa inovasi terhadap tahapan Pilkada di masa pandemi.

Baca juga :  Togar Situmorang Dukung Gubernur Koster Tindak Pemilik Tempat Hiburan Bandel

Antara lain, pemilih wajib mengenakan masker, menjalani tes suhu tubuh dan menjaga jarak. “Misalnya, untuk menghindari penularan Covid-19, pemilih diberikan sarung tangan saat mencoblos. Sehingga paku yang digunakan cukup dengan satu paku,” ujarnya belum lama ini. (106)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini