Polisi Tahan Tiga Tersangka Penipuan dengan Modus BPKB Palsu

PENIPUAN - Satu dari tiga tersangka penipuan dengan modus BPKB palsu ditahan di Polres Jembrana.

Negara, DenPost

Jajaran Satuan Reskrim Polres Jembrana menahan tiga tersangka penipuan. Ketiga tersangka tersebut yakni Ni Komang Seniwati alias Buk Ayu dari Banyubiru, Ni Made Swantini alias Swandewi/Dek Pong dan Moh Lasok Kapu alias Johan asal Denpasar Barat. Ketiganya ditahan karena terlibat dalam kasus penipuan dengan modus BPKB palsu.

Kapolres Jembrana, AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa, didampingi Wakapolres Jembrana Kompol IB Dedi Januartha dan Kasat Reskrim Polres Jembrana AKP Yogie Pramagita, Rabu (24/6/2020) mengatakan kasus ini diketahui berawal ketika pihak Koperasi Kredit Tri Tunggal Tuka ingin menyita jaminan Ni Komang Seniwati karena sudah 3 kali tidak membayar angsuran. Kemudian pihak koperasi pada 6 Mei 2020 mengecek BPKB yang dijadikan jaminan ke Kantor Samsat Jembrana karena curiga tidak seperti BPKB asli.

Baca juga :  Petugas Amankan Ular Sanca dari Sela Genteng Dapur

Ternyata BPKB tersebut identitasnya berbeda dengan database Samsat Jembrana dan penjelasan petugas Samsat Jembrana diduga materialnya palsu.Tersangka juga telah menjadikan 3 buah BPKB palsu sebagai jaminan meminjam uang di Koperasi Kredit Tri Tunggal Tuka Kantor Cabang Pembantu Negara.  Tersangka mengaku mendapatkan tiga buah BPKB itu dengan cara membeli dari Ni Made Swantini alias Swandewi/Dekpong. BPKB palsu dibeli Rp 12 juta.

Sementara itu Dek Pong mengaku membeli BPKB palsu itu dari Moh Lasok Kapu aliad Johan seharga Rp 9 juta. Johan sendiri mengaku membeli dari seseorang yang kini masih dalam penyelidikan.

Baca juga :  Zona Merah, Pembelajaran Tatap Muka di Jembrana Ditunda

Tersangka Seniwati menurut Kapolres merupakan residivis dan pernah ditahan di PN Tabanan tahun 2008 dalam kasus yang sama. “Beberapa kali tersangka juga pernah dilaporkan di Polres Tabanan. Demikian juga tersangka Dek Pong juga pernah dilaporkan dengan kasus penipuan juga,” terangnya. Kini ketiga tersangka dititipkan di Rutan Negara untuk proses lebih lanjut. (120)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini