Klungkung Siapkan 14 Ribu Vaksin Anjing

0
10
VAKSIN - Petugas memberikan vaksin terhadap anjing warga agar tidak tertular rabies belum lama ini.

Semarapura, DenPost

Dinas Pertanian  Klungkung kembali melakukan vaksinasi rabies massal terhadap hewan penular rabies (HPR) setelah tertunda karena pandemi Covid-19. Tapi berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, vaksinasi tak lagi dipusatkan di balai banjar, melainkan dilakukan  door to door ke rumah warga untuk menghindari terjadinya kerumunan. Bahkan, untuk tahun ini Dinas Pertanian menyediakan 14.000 vaksin agar anjing warga tidak tertular rabies.

Kepala Dinas Pertanian Klungkung, IB Juanida, Jumat (26/6/2020) mengakui pelaksanaan vaksinasi rabies tahun ini mundur dari jadwal. Dikatakannya, vaksin seharusnya sudah dilakukan pada April-Mei lalu. Tetapi karena pandemi Covid-19  yang mengharuskan social distancing dan juga physical distancing, vaksinasi pun baru dapat digelar mulai bulan ini. Sistemnya, petugas tidak lagi menunggu kehadiran warga di Balai Banjar, melainkan langsung terjun ke rumah-rumah warga.

Baca juga :  Klungkung Gelar KOSN Tahun 2020

Dengan berbekal data dan juga koordinasi dengan aparat desa, tim mulai menyisir rumah-rumah warga yang memelihara anjing. Tahun ini Dinas Pertanian menyediakan 14.000 vaksin rabies. Vaksinasi sudah dimulai sejak Senin (22/6/2020) lalu dan sasaran utamanya adalah wilayah Desa Dawan Klod.

“Sekarang kita lakukan pelayanan lebih banyak ke rumah-rumah, tidak lakukan pengumpulan warga di banjar. Kita jalan saja dari rumah ke rumah diantar oleh aparat desa. Aparat desa kan tahu posisi warganya yang memelihara anjing,” terangnya.

Baca juga :  Kru Kapal Pesiar Diamond Princess Akhirnya Dijemput

Walaupun mengubah pola vaksinasi menjadi door to door, IB Juanida memastikan pihaknya tidak melakukan penambahan petugas. Sebaliknya, justru periode pelaksanaan vaksinasi yang diperpanjang. Jika tahun sebelumnya hanya dua bulan, kini diperpanjang menjadi tiga bulan. Yakni dari Juni-Agustus mendatang.  (119)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini