Alat Terbatas, Dua KPU Kabupaten Belum Tuntaskan Tes Cepat

0
18
Ketua KPU Bali, Dewa Agung Gede Lidartawan

Sumerta Klod, DenPost

Pelaksanaan tes cepat (rapid test) menjadi bagian penting dari tahapan Pilkada 2020 yang berlangsung di masa pandemi Covid-19. Layanan itu diwajibkan untuk Panitia Pemungutan Suara (PPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

Namun lantaran keterbatasan alat tes cepat di Dinas Kesehatan tingkat kabupaten/ kota, belum semua petugas KPU dapat menjalankan tes tersebut. Ketua KPU Provinsi Bali, I Dewa Agung Gede Lidartawan mengatakan, ada dua KPU yang belum mampu melaksanakan tes cepat.

“Daerah yang lain belum (rapid test) sama sekali, di Karangasem nyerah dan Bangli nyerah. Kalau Badung sudah clear,” ujarnya saat ditemui pada Jumat (26/6/2020) di kantornya. Sedangkan tiga KPU lainnya baru melaksanakan 50 persen, meliputi rapid test kepada PPK dan PPS.

Baca juga :  PMI Berdatangan, Penatih Perkuat Sinergi Bersama Desa Adat

Pejabat asal Bangli ini menjelaskan, kendala pengadaan alat rapid karena terbentur ketersedian di tingkat provinsi yang mulai menipis. Di tingkat kabupaten/kota, kebutuhan alat rapid juga terus meningkat, salah satu di Bangli setelah kembali ditemukan kasus positif Covid-19.

“KPU punya dana, kami maunya tinggal bayar. Tapi mereka (Dinas Kesehatan Kabupaten/ Kota) untuk mengadakan alat rapid mengandalkan provinsi. Tapi saat ini habis,”  terangnya. Terkait kabupaten yang mampu melaksanakan rapid secara tuntas, diatasi dengan mengadakan mandiri.

Baca juga :  Gubernur Koster Ajak Bupati/Walikota Akhir Mei Bali ‘’Zero’’ Positif Covid-19

Solusi sementara, Lidartawan mengatakan pihaknya akan memastikan kebutuhan masing-masing KPU yang belum menuntaskan tes cepat, dengan didampingi Dinas Kesehatan masing-masing daerah. Selanjutnya, KPU dapat mengadakan alat rapid secara mandiri.

“Kami maunya simpel, bayar langsung kepada pihak ketiga, tidak lagi pengadaan, supaya tidak salah. Kalau Dinkes (provinsi), saat ini tidak punya anggaran. Diskes siap kerja, yang penting rapid test kita ada,” tandas Lidartawan. (106)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini