Ratusan Tabung Gas Dalam KMP Dharma Rucitra III Diduga Diselundupkan Penumpang

0
7
Tabung 1
MENGAMBANG - Tabung gas kosong terlihat mengambang saat evakuasi muatan KMP Dharma Rucitra III.

Amlapura, DenPost

Ditemukannya ratusan tabung gas kosong saat proses penyelamatan muatan KMP Dharma Rucitra III di Perairan Dermaga II Pelabuhan Padang Bai, Kecamatan Manggis, Karangasem, kini menimbulkan spekulasi. Manager ASDP Pelabuhan Padang Bai, Zainal Abidin mengungkapkan, ratusan tabung gas tersebut tak terdata dalam daftar muatan KMP Dharma Rucitra III. Diduga ada oknum penumpang yang menyelundupkan dalam mobil pribadi.

“Pemuatan Tabung Gas Elpiji yang masih berisi memang secara aturan harus menggunakan mobil khusus. Artinya harus khusus mencater kapal. Setelah melakukan pemeriksaan pada gas elpiji yang ditemukan semuanya kosong” ungkap Zainal. Lebih lanjut ia mengungkapkan, belum bisa memastikan siapa yang memuat.  “Mungkin saja disembunyikan sehingga kelewatan saat menyeberang. Kami pun di sini belum memiliki alat pendeteksi tabung,” imbuhnya.

Baca juga :  ODP di Klungkung Meningkat, Ini Perintah Suwirta

Sementara itu, Kapolsek Perairan Padang Bai, Kompol Wayan Suberata mengaku masih fokus bersama Pol Air Karangasem melakukan investigasi mengenai sebab kecelakaan kapal. “Mengenai muatan, wewenangnya ada di KSOP. Tugas kami adalah melakukan penyelidikan terkait kecelakaan laut dan melakukan pengaturan lalu lintas akibat tidak beroperasinya dermaga II,” jelas Suberata.

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan pihak KSOP belum bisa dimintai konfirmasi. Sebab Kepala KSOP, Eka Suyasmini masih mengikuti rapat virtual bersama instansi terkait. Hingga saat ini seluruh tabung gas telah dipindahkan ke wilayah Mimba, Kawasan Pantai Bias Tugel. (yun)

Baca juga :  Mas Sumatri Imbau Jajaran OPD Tak Keluar Daerah Karena Ini

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini