Sebelum Mengikuti UTBK Unud, Peserta Wajib Lakukan Ini

0
21
Sebelum Mengikuti UTBK Unud, Peserta Wajib Lakukan Ini
PROTOKOL KESEHATAN - Rektor Unud, Prof. Raka Sudewi didampingi Wakil Rektor dan Direktur RS Unud saat menjelaskan protokol kesehatan yang ketat bagi peserta UTBK.

Kutsel, DenPost

Sesuai Siaran Pers Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) di Jakarta, Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Tahun 2020 dilaksanakan dalam kondisi new normal. Di mana harus tetap mengutamakan kesehatan dan keselamatan semua komponen yang terlibat, dengan menerapkan standar protokol kesehatan secara ketat.

Universitas Udayana (Unud) sebagai salah satu PTN yang menyelenggarakan UTBK juga harus mengikuti arahan dari LTMPT. Saat ini infrastruktur pelaksanaan UTBK telah siap dan kapasitas yang digunakan hanya separuh dari kapasitas total sesuai dengan ketentuan. Hal itu diungkapkan Rektor Unud, Prof.Dr.dr Raka Sudewi Selasa (30/6/2020).

Baca juga :  Transmisi Lokal di Pasar Meluas, Ratusan Pedagang Rapid Test di Terminal Galiran

Menurut Raka Sudewi, terdapat beberapa ketentuan bagi peserta UTBK antara lain hanya peserta yang sehat (bebas dari covid-19) yang diperkenankan mengikuti UTBK. Selain itu, peserta dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri mulai 14 hari sebelum pelaksanaan UTBK.

“Sebelum berangkat, peserta diharuskan dalam kondisi bersih (dengan mandi dan cuci rambut) serta menjaga kebersihan. Menyiapkan berbagai dokumen yang diperlukan agar dapat sampai pada tujuan dan melaksanakan ujian. Peserta tidak diperkenankan mampir ke tempat lain selain ke tempat UTBK untuk menghindari terjadi infeksi,” paparnya.

Lebih lanjut dikatakan, UTBK juga harus memperhatikan status  perkembangan pandemi Covid-19 di seluruh Pusat UTBK PTN dan mendapatkan izin dari satgas Covid di masing-masing daerah.

Baca juga :  Pariwisata Terpuruk, LPD Legian Bantu Sembako Krama Tiga Banjar

Selain itu, panitia juga melibatkan unsur Satgas Covid Universitas dan tenaga medis untuk penerapan protokol kesehatan bagi peserta.

Materi UTBK kali ini hanya Tes Potensi Skolastik (TPS) dengan waktu tes relatif pendek hanya 105 menit. Untuk jumlah peserta yang mengikuti UTBK di Universitas Udayana tahun ini sebanyak 5.239 orang. Jumlah ini menurun dari tahun sebelumnya di mana jumlah peserta yang ikut mencapai 15 ribuan.

Baca juga :  Lihadnyana Harapkan Pimpinan OPD Bersinergi Saat Jalankan Tugas

Sementara itu, sesuai arahan panitia pusat bahwa peserta dari luar provinsi dan atau kabupaten/kota yang karena status daerahnya (zona merah/zona hitam) maupun karena ketentuan tidak mungkin hadir mengikuti ujian di pusat UTBK, akan dijadwal ulang   dan direlokasi ke SMA/SMK Mitra (UNBK) yang memenuhi persyaratan.

“Terkait protokol kesehatan yang ketat, pengantar menurunkan peserta di drop zone dan tidak diperkenankan menunggu peserta di dalam kampus. Tidak berinteraksi dengan peserta lain. Mengikuti protokol kesehatan mulai pengukuran suhu, cuci tangan, pakai masker dan faceshield, serta sarung tangan,” tandasnya. (113)

 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini