Ngamuk dan Bawa Sajam, ODGJ Diamankan Satpol PP

0
5
Ngamuk dan Bawa Sajam, ODGJ Diamankan Satpol PP
RAPID TEST – Petugas Dinas Kesehatan bersama Satpol PP melakukan rapid test terhadap ODGJ (nomor 2 dari kiri) di Kantor Satpol PP, Selasa (30/6/2020).

Sumerta, DenPost

Satpol PP Kota Denpasar mengamankan orang dengan ganguan jiwa (ODGJ) di Jl. Hassanudin Denpasar, Selasa (30/6/2020). Kasatpol PP Kota Denpasar, I Dewa Gede Anom Sayoga mengatakan, ODGJ tersebut diamankan menindaklanjuti laporan masyarakat yang menyebutkan ada ODGJ membawa senjata tajam (sajam) dan sering mengamuk. ”Setelah diamankan, ODGJ ini langsung digiring ke kantor Satpol PP,” terangnya.

Anom Sayoga mengungkapkan, ODGJ sebelum dikirim ke RSJ Provinsi Bali di Bangli, terlebih dahulu diperiksa kesehatan dan menjalani rapid test medis dari Dinas Kesehatan Kota Denpasar. Kalau dari hasil pemeriksaan kesehatan orang tersebut mengidap gangguan jiwa dan tidak terpapar virus Corona, bisa langsung dikirim ke RSJ Bali untuk mendapat terapi.

Baca juga :  Teater Angin Tampil Memukau dalam Peringatan Bulan Bahasa Bali 

Sementara itu, mengantisipasi maraknya ODGJ yang berkeliaran  di Denpasar,Satpol PP menjalin kerjasama dengan lintas OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait. Pasalnya, penanganan ODGJ tersebut tidak bisa dilakukan sendiri. ”Belakangan ini ODGJ yang berkeliaran di Denpasar cukup banyak, baik yang dilaporkan masyarakat maupun ditangani Satpol PP Kota Denpasar sehingga penanganannya perlu dilakukan lintas OPD,’’ ucapnya.

Menurut Anom Sayoga, penanganan ODGJ yang dilakukan secara intensif dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat yang lupa ingatan. ”Penanganan ODGJ secara intensif, baik laporan masyarakat maupun ditangani Satpol PP dapat mencegah ODGJ berkeliaran di jalan. Mereka selanjutnya dirujuk ke RSJ Bali di Bangli untuk mendapat pengobatan atau terapi,’’ pungkasnya. (103)

Baca juga :  Pendatang Asal Daerah Terjangkit Harus Jalani Rapid Test

 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini