By-pass IB Mantra Gelap, Komisi III Ungkap Penyebabnya

By-pass Gelap, Komisi III Ungkap Penyebabnya
TINJAU - Komisi III saat meninjau By-pass IB Mantra terkait padamnya sejumlah LPJU di kawasan tersebut.

Sumerta Klod, DenPost

Padamnya sejumlah Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di Jl By-pass IB Mantra sejak lama dikeluhkan masyarakat. Saat malam hari, jalur tersebut terlihat sangat gelap akibat minimnya penerangan.

Ketua Komisi III DPRD Bali, Gusti Ayu Diah Werdhi Srikandi Wedastraputri Suyasa menjelaskan, beroperasi sejak tahun 2011, LPJU tersebut tidak ada pemeliharaan. Dikatakannya, jalan nasional ini merupakan aset milik kemeterian PU.

Baca juga :  Rapid Test 80 Warga Perum Pondok Galeria, Pasangan Suami Istri Reaktif

“Sejak 2018 diserahkan ke Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD), baru mulai dicek-cek kerusakannya. Ternyata jaringan kabel dan lampu semua rusak,” terangnya, Selasa (30/6/2020).

Menindaklanjuti keluhan tersebut, dia telah merekomendasikan pengadaan 153 titik LPJU di persimpangan prioritas dan 700 titik sepanjang ruas jalan. Menurutnya, sejak beroperasi tahun 2018-2020 telah disiapkan anggaran Rp 2,5 miliar untuk perbaikan bertahap.

“Komisi III segera memberikan rekomendasi ke pusat terkait dengan pengusulan perbaikan lampu LED dan juga koordinasi ke BPJN (Balai Pelaksanaan Jalan Nasional) VIII Surabaya terkait pohon perindang yang menghalangi lampu,” ungkapnya.

Baca juga :  Bali Didorong Manfaatkan Sampah untuk Listrik

Lebih lanjut dikatakan, di sepanjang jalan By-pass IB Mantra terdapat 1.045 LPJU. Beroperasi sejak 2011 lalu, hingga tahun 2020 ini telah diperbaiki oleh Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) sebanyak 192 titik. “853 titik belum tertangani. BPTD sudah mengusulkan agar dianggarkan di anggaran perubahan 2020 sebanyak Rp 13,5 miliar,” paparnya.

Di masa pandemi Covid-19 ini, dia mengaku tetap optimistis anggaran perbaikan LPJU dapat diwujudkan pemerintah pusat. (106)

Baca juga :  Mantapkan Protokol Kesehatan, SMK Dwijendra Siap Terima Ini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini