Mas Sumatri Tak Segan Beri Sanksi Pedagang Bandel

0
3
Mas Sumatri Tak Segan Beri Sanksi Pedagang Bandel
SIDAK – Bupati Mas Sumatri saat melakukan sidak di pasar tradisional Wilayah Karangasem beberapa waktu lalu.

Amlapura, DenPost

Pasar tradisional di beberapa kabupaten di Bali menjadi klaster penularan Covid-19. Mengantisipasi hal tersebut, Bupati Karangasem,  Gusti Ayu Mas Sumatri  gencar melakukan sidak guna mengawasi penerapan protokol kesehatan. Tak mau pasar di wilayah Karangasem berubah menjadi malapetaka, Mas Sumatri tegas akan menerapkan sanksi untuk pedagang yang membandel tak menerapkan protokol kesehatan.

“Saya rasa belum terlambat bila pemerintah daerah kembali mengatur operasional pasar selama masa transisi menuju kenormalan baru,” ungkap Mas Sumatri. Ia menambahkan, mewujudkan operasional pasar yang sesuai protap kesehatan pada Senin (29/6/2020) lalu pihaknya bersama tim gugus penanganan percepatan Covid-19 Kabupaten Karangasem telah menggelar rapat terbatas. “Hasilnya kami akan gencar menggelar sidak di beberapa pasar tradisional di seluruh Kabupaten Karangasem. Walaupun sebelumnya juga telah dan akan gencar dilakukan lagi,” ungkapnya.

Baca juga :  Batuk dan Demam Sepulang Umroh, Satu Warga Karangasem Dalam Pemantauan

Tak cukup peran pemerintah, ia juga mengajak masyarakat agar menunjukkan kerjasama memutus mata rantai hingga mencegah munculnya klaster baru penyebaran Covid-19 di pasar tradisional. “Tatkala pedagang ngeyel tidak mau mematuhi protokol kesehatan, pemerintah daerah tidak akan ragu-ragu lagi untuk memberikan sanksi. Pedagang harus dipaksakan untuk beradaptasi dengan kenormalan baru jika tidak menghendaki pasar menjelma menjadi malapetaka,” tegasnya.

Mas Sumatri menambahkan adapun protokol standar yang harus diikuti di antaranya menjaga kebersihan lingkungan pasar.  Menjaga kesehatan pedagang dan pembeli dengan mencuci tangan secara teratur dan selalu menggunakan masker. “Semua pedagang harus mampu beradaptasi dengan protokol kesehatan,” pungkasnya.  (yun) 

Baca juga :  Gede Dana Bagikan Ribuan Masker ke Warga Sibetan 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini