Per Hari, RS Udayana Layani 50 Swab Test

0
14
Picsart 07 01 08.09.54
Direktur RS PTN Unud, Dr. dr. DPG Purwa Samatra.

Jimbaran, DenPost

Permintaan untuk swab test di RS Udayana, Jimbaran rata-rata per hari permohonan yang masuk mencapai 30 sampai 50. Kebanyakan permohonan swab test dilakukan untuk kelengkapan perjalanan ke luar Bali.

Hal itu, diungkapkan Direktur RS PTN Unud, Dr. dr DPG Purwa Samatra, Sp.S(K), Rabu (1/7/2020). Sedangkan untuk jumlah pasien corona yang dirawat di RS PTN Unud sebanyak 80 orang. Di mana, 8 di antaranya termasuk PDP.

Baca juga :  Catat! Ini Syarat Duktang Jika Ingin Tinggal di Kuta

Ditanya tentang rapid test yang sempat menimbulkan polemik karena dinilai hasilnya kurang valid, dia menegaskan kalau rapid test itu adalah bentuknya semacam screening awal. Sebab, kalau langsung diswab dengan jumlahnya ratusan tentu tidak mungkin. Karenanya yang reaktif saat dirapid test, setelah seminggu baru diswab.

Misalnya jika yang dirapid test 300 dan reaktif 100, inilah yang diswab. Sedangkan sisanya yang negatif Minggu depannya harus rapid test sekali. “Jika sekali rapid hasilnya reaktif langsung swab. Kalau sekali rapid hasilnya negatif tunggu tujuh hari rapid lagi,” paparnya.

Baca juga :  Pantai Hingga Pasar di Tanjung Benoa Mulai Sepi

Ditanya tentang biaya untuk sekali swab, dr. Purwa mengatakan kalau biaya asli swab sebenarnya di atas Rp1,6 juta. Namun, karena adanya subsidi jadinya Rp900 ribu. Terkait mekanisme untuk masyarakat yang ingin swab harus mendaftar melalui web RS Udayana. Setelah mengisi web, nantinya akan ada penyesuaian tanggal pelaksanaan swab yang disepakati. (113)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini