Akui Alat Rapid Test Terbatas, Begini Penjelasan Kadiskes

0
5
Akui Alat Rapid Test Terbatas, Begini Penjelasan Kadiskes
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya

Rendang, DenPost

Gencarnya rapid test terhadap masyarakat yang dilakukan pemerintah berdampak terhadap terbatasnya ketersediaan alat tes tersebut. Kondisi ini diakui Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya, Minggu (5/7/2020) saat menghadiri upacara Pemahayu Jagat di Pura Besakih.

“Sebenarnya di provinsi lagi kurang ya, terbatas lah. Tetapi kita sudah distribusikan ke semua kabupaten/kota,” terangnya. Pendistribusian jumlah alat rapid test kepada Dinas Kesehatan kabupaten/ kota dipastikannya telah sesuai dengan kebutuhan. Sementara, Dinas Kesehatan Provinsi Bali hingga saat ini masih menunggu pengadaan kembali.

Baca juga :  Abaikan Larangan Jam Buka, Pedagang di Jimbaran Disanksi Bersih-bersih

Menurut data Dinas Kesehatan Provinsi Bali, hingga Minggu kemarin telah dilakukan sebanyak 161.562 tes. Kendati alat tes telah disalurkan kepada Dinas Kesehatan kabupaten/ kota, Suarjaya menyebutkan Dinas Kesehatan Provinsi telah menyediakan sejumlah alat rapid test untuk skala prioritas.

“Antisipasi alat rapid test juga telah disediakan, untuk mencegah agar Provinsi Bali tidak sampai krisis alat rapid test, termasuk Alat Pelindung Diri (APD),” katanya.

Baca juga :  Minggu, Muncul Dua Positif Corona, Tujuh Sembuh

Langkah antisipasi juga telah dilakukan terkait kebutuhan alat rapid test untuk petugas penyelenggara Pilkada 2020 mendatang. Suarjaya memastikan kebutuhan alat rapid di enam kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada serentak pada Desember mendatang teratasi.

“Siap (untuk Pilkada 2020), tidak ada masalah. Logistik pasti kita siapkan sejumlah yang dibutuhkan. Kami sudah antisipasi itu, sudah kami hitung berapa kebutuhannya. Termasuk APD jangan sampai kurang,” pungkasnya. (106)

Baca juga :  Buleleng Bangun Gedung Sentra Pelayanan Kepolisian 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini