Bupati Giri Prasta Serahkan Stimulus bagi UMKM Objek Wisata

0
3
Bupati Giri Prasta Serahkan Stimulus bagi UMKM Objek Wisata
BANTUAN - Bupati Giri Prasta bersama Wabup Suiasa saat menyerahkan bantuan stimulus bagi pelaku UMKM objek wisata di Wantilan Objek Wisata Sangeh, Selasa (7/7/2020).

Sangeh,DenPost

Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan merealisasikan stimulus tahap pertama bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) objek wisata, yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Badung 2020. Penyerahan bantuan dilakukan Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta bersama Wakil Bupati I Ketut Suiasa, di Wantilan Objek Wisata Sangeh pada Selasa (7/7/2020).

Giri Prasta dalam sambutannya mengatakan, bantuan yang diberikan ini dalam menyambut new normal atau budaya hidup baru. Para penerima dikatakannya telah melewati serangkaian proses verifikasi dan validasi data yang sangat ketat.

Baca juga :  Puluhan Pedagang Pasar Petang Mengadu ke Dewan

Di samping itu, program ini menurut Bupati merupakan wujud komitmen Pemkab bersama DPRD Badung untuk membentuk “community empowering” yang nantinya diharapkan dapat mendukung kemandirian masyarakat dalam bidang pekonomian. “Berdasarkan regulasi Permendagri Nomor 1 tahun 2020 tentang Realokasi dan Refocusing Anggaran yang di dalamnya diatur juga tentang pemulihan ekonomi, kami Pemkab Badung melakukan pendataan terhadap pelaku UMKM pada objek pariwisata. Dari 938 pelaku UMKM yang memiliki usaha di kawasan objek wisata, telah melalui proses verifikasi data untuk mengindari tumpang tindih anggaran dan double bantuan mengingat ada BLT dan BST dari pemerintah pusat, sehingga  yang lolos hanya 94 pelaku UMKM,” kata Giri Prasta

Baca juga :  Pencairan Insentif bagi Pekerja Sektor Pariwisata Berlanjut

Untuk nominal bantuan, per UMKM diberikan Rp 2 juta. “Bantuan ini hanya sekali saja diberikan melalui BPD Cabang Badung. Tujuannya agar pelaku UMKM siap membuka usahanya kembali saat new normal diberlakukan, mengingat selama ini mereka tidak beraktivitas,” tambahnya.

Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung, Made Widiana, melaporkan, bantuan yang diberikan kepada pelaku UMKM ini berupa bantuan PBSU (penerima bantuan stimulus usaha) yang bersumber dari APBD Badung dimana. Untuk tahap pertama ini diserahkan kepada 19 pelaku UMKM dengan rincian 13 pelaku UMKM di Daerah Tujuan Wisata (DTW) Sangeh dan 6 pelaku UMKM di DTW Taman Ayun.

Baca juga :  Tangani Wabah Covid-19, Polres Gandeng Tokoh Puri

Dalam kesempatan tersebut juga hdir Ketua DPRD Putu Parwata beserta anggota IB Sunarta; Sekda Adi Arnawa; Kepala BPD Cabang Mangupura, I Gusti  Ngurah Agung Artawan; Kabalitbang Wayan Suambara; Kadis Kominfo IGN Jaya Saputra; Kabag Humas Made Suardita; Camat Mengwi, Nyoman Suhartana; Camat Abiansemal, IB Mas Arimbawa dan Ketua Forum Perbekel Badung, Kadek Sukarma. (a/115)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini