Dharma Rucitra III Berhasil Mengapung, Kini Tunggu Pengecekan BKI

0
20
Dharma Rucitra III Berhasil Mengapung, Kini Tunggu Pengecekan BKI
MENGAPUNG - Kapal Dharma Rucitra III berhasil diapungkan setelah tim penyelamat menurunkan ratusan drum penyeimbang.

Amlapura, DenPost

KMP Dharma Rucitra III berhasil diapungkan pada Selasa (7/7/2020) malam. Kapal yang karam di perairan Dermaga II Padang Bai pada 12 Juni lalu itu berhasil mengapung setelah tim penyelamat  mendatangkan 700 drum dengan berat ribuan ton sebagai penyeimbang kapal.

Kordinator evakuasi Kapal, Abdul Khalik, menuturkan, pihaknya kini tengah melakukan proses pengedapan kapal agar kondisinya benar-benar kedap. Selain itu pihaknya juga tengah melakukan kontrol terhadap semua dinding-dinding kapal, baik di samping hingga ke bagian bawah kapal. “Hal ini dilakukan agar dalam penarikannya nanti bisa selamat sampai tujuan,” ungkapnya.

Baca juga :  Tes Cepat 229 Pedagang Pasar Adat Padangsambian, Ini Hasilnya

Terkait langkah selanjutnya, Abdul menuturkan kapal akan dievakuasi ke perairan Surabaya untuk dilakukan proses doking atau perbaikan. Namun, sebelum itu dilakukan, kondisi kapal harus dicek dari Biro Klarifikasi Indonesia (BKI) Kementerian Perhubungan. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah kapal layak untuk ditarik atau tidak.

Sebelumnya, proses evakuasi KMP Dharma Rucitra III sempat mengalami beberapa kendala. Salah satunya kondisi kapal yang banyak mengalami kebocoran sehingga membuat tim penyelamat tak bisa mengandalkan pelampung untuk melakukan pengapungan. Karenanya tim penyelamat harus mengerahkan 700 drum untuk penyeimbang. Selain itu, kondisi cuaca yang terus berubah juga menjadi kendala lain yang yang menghambat proses evakuasi. (yun)

Baca juga :  Hindari LP Kerobokan, Penyelundup SS Kembali Berakting Gila

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini