11 Ruas Jalan Kabupaten di Nusa Penida Belum Tertangani

0
8
11 Ruas Jalan Kabupaten di Nusa Penida Belum Tertangani
CEK LOKASI - Komisi II DPRD Klungkung ketika mengecek kondisi jalan di Nusa Penida belum lama ini.

Semarapura, DenPost

Fasilitas jalan di Nusa Penida, Klungkung belum tuntas tertangani hingga sekarang. Bahkan ada beberapa ruas jalan menuju objek wisata yang masih dalam kondisi rusak parah. Upaya pembenahannya tahun ini pun terkendala karena pandemi Covid-19. Padahal aktivitas pariwisata di Nusa Penida sudah menggeliat sejak lima tahun terakhir.

Kabid Bina Marga Dinas PU Kabupaten Klungkung, Ida Bagus Gde Eka Putra, mengatakan jalan dengan status jalan kabupaten di Nusa Penida ada sekitar 50 ruas dengan total panjang mencapai 229 kilometer. Dari 50 ruas jalan kabupaten tersebut yang sudah tertangani  39 ruas dengan panjang mencapai 199 kilometer lebih.

Baca juga :  Jelang Galungan, Warga Lembongan Justru Hadapi Masalah Ini

“Sisanya ada 11 ruas jalan dengan total panjang mencapai 27 kilometer lebih yang belum tertangani,” ungkap Eka Putra, Rabu (8/7/2020).

Menurut Eka Putra, ruas jalan yang belum tertangani beberapa di antaranya merupakan akses jalan menuju objek wisata. Seperti halnya ruas jalan Sekartaji -Sedihing sepanjang empat kilometer.  Ruas jalan ini merupakan akses jalan utama menuju destinasi Pantai Suwehan. Ada juga  ruas jalan Penangkitan – Pasih Uug yang merupakan ruas jalan menuju destinasi Pantai Lumangan yang memiliki panjang sekitar 4,5 kilometer.

Baca juga :  Stok Darah di Klungkung Menipis, Suwirta Ajak ASN Donor Darah

“Keseluruhan jalan kabupaten yang belum tertangani itu membutuhkan anggaran sekitar Rp 53 miliar untuk menuntaskannya. Saat ini sedang proses pengusulan Dana Alokasi Khusus (DAK) ke Pemerintah Pusat agar bisa dibantu pada tahun 2021,” ungkap Eka Putra.  (119)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini