Stok Habis, RSUD Klungkung Bingung Cari Alat Rapid Test Murah

0
9
RAPID TEST - Dinas Kesehatan Klungkung melakukan rapid test terhadap ODP covid-19 di GOR Swecapura, Gelgel, Rabu (1/4/2020).

Semarapura, DenPost

RSUD Klungkung sudah mulai menindaklanjuti surat edaran pemerintah terkait biaya rapid test yang dipatok seharga Rp150 ribu. Hanya saja, pihak rumah sakit Klungkung  belum menemukan rekanan yang dapat menyediakan alat rapid test dengan harga murah. Apalagi saat ini stok alat rapid test di rumah sakit pelat merah tersebut sudah habis.

“Baru tadi saya tanda tangan SK-nya tarifnya  Rp150 ribu. Tapi belum ada rapidnya, belum dapat beli alat yang lebih murah,” ujar Direktur RSUD Klungkung, dr. Nyoman Kesuma, Kamis (9/7/2020).

Baca juga :  Kasus Positif Covid-19 di Bangli Jadi 7 Orang

Kesuma mengakui stok alat rapid test di RSUD saat ini memang sedang kosong. Kesempatan ini dimanfaatkan untuk mencari rekanan baru, yang bisa menyediakan alat dengan harga murah sehingga biaya rapid test yang sebelumnya mencapai Rp 275 ribu, bisa menyesuaikan dengan standar yang ditetapkan pemerintah yakni Rp 150 Ribu. Tapi nyatanya, mencari rekanan yang siap dengan standar harga tersebut cukup sulit. Apalagi dalam surat edarannya, pemerintah tidak merekomendasikan jenis rapid test dengan harga murah.

Baca juga :  Selain Push-up, Begini Cara SatPol PP Badung Bina Warga Tak Bermasker

“Dalam surat edarannya, rapid test itu maksimal harganya Rp 150 Ribu. Di bawah itu (Rp150 Ribu) boleh tapi di atas tidak boleh. Cuma kami tidak dikasi tahu alat jenis mana yang bisa digunakan dan dapat dengan harga Rp 150 Ribu. Jadi bingung harus cari sendiri,” ujarnya.

Menurut Kesuma, jika biaya rapid test dipatok Rp 150 Ribu, maka harga alatnya harus lebih murah dari standar tersebut. Lantaran Rp 150 ribu itu sudah termasuk biaya pelayanan atau pemrosesan. “Kami masih tanya-tanya rapid yang harganya bisa lebih rendah. Karena  harga paling murah yang ditemukan untuk saat ini masih di kisaran Rp 180 Ribu,” katanya. (119)

Baca juga :  Penutupan Operasional Boat Cepat di Klungkung Berlanjut

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini