Gubernur Koster Pastikan Prokes di Objek Wisata Berjalan Baik

0
9
Gubernur Koster Pastikan Prokes di Objek Wisata Berjalan Baik
TINJAU KERTA GOSA - Gubernur Bali Wayan Koster didampingi Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta saat meninjau objek wisata Kerta Gosa, Kamis (9/7) kemarin. (DenPost/ist)

Klungkung, DenPost
Gubernur Bali Wayan Koster dan rombongan, Kamis (9/7/2020) mengecek objek wisata di tiga kabupaten untuk menandai dimulainya tatanan hidup era baru. Pertama Gubernur meninjau objek wisata Taman Safari Bali and Marine Park di Gianyar, dilanjutkan ke Museum Kerta Gosa di Kklungkung, dan terakhir di pusat perbelanjaan Beachwalk di Kuta, Badung.

Di tiga objek wisata tersebut, Gubernur Koster benar-benar memastikan protokol kesehatan sudah dijalankan dengan baik, dimulai dari sebelum masuk objek hingga pelaksanaan di dalam. Saat berada di pusat perbelanjaan, Gubernur masuk ke beberapa tenant untuk berbincang-bincang dengan pelaku usaha tentang protokol kesehatan (prokes). Secara umum, objek-objek wisata itu dinilai siap melaksanakan prokes tatanan hidup era baru.
“Hari ini (Kamis) adalah hari yang baik untuk kita memulai dengan tahap pertama yaitu aktivitas masyarakat hanya untuk lokal Bali yang bertepatan dengan Wrespati Umanis Sinta. Hari baik yang telah kita pilih bersama-sama,” ujar Gubernur Koster.

Dia juga berharap seluruh komponen masyarakat bersama-sama melaksanakan prokes tatanan hidup era baru dengan tertib dan sukses, termasuk berdoa agar semua tahapan ini mendapat restu, izin serta tuntunan dan bimbingan Sang Hyang Widhi Wasa.

Baca juga :  Lenyapkan Virus Corona, Pemkab Klungkung Gelar Upacara Pemayuh Alit

Sedangkan saat mengunjungi Klungkung, Gubernur Koster dan rombongan disambut Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta. Rombongan langsung meninjau Monunen Puputan dan Kerta Gosa. Sebelum masuk area monumen, rombongan diarahkan oleh petugas di pintu masuk untuk mencuci tangan. Setelah itu, satu per satu menjalani ukur suhu tubuh dengan alat thermogun. Dari Monumen Puputan, rombongan berjalan kaki menuju Kerta Gosa.

Usai berkeliling, Gubernur Koster mengaku terpukau dengan nilai-nilai sejarah yang tersimpan di destinasi peninggalan Kerajaan Klungkung itu. “Saya baru pertama masuk sampai ke dalam. Selama ini hanya lihat dari luar. Di sini banyak mengandung nilai sejarah,” ujar Koster, antusias.

Baca juga :  Suwirta Minta Warga Tempuh Upaya Sekala-Niskala

Seusai melakukan peninjauan, Koster menyimpulkan bahwa destinasi Kerta Gosa dan Monumen Puputan siap dibuka, dan prokes yang diterapkan cukup baik. Untuk ke depan, Koster segera bertemu dan berkoordinasi dengan pelaku pariwisata agar kembali bergairah. “Kondisi pariwisata seperti ini tak hanya di Bali, tapi di seluruh dunia.Tidak perlu terburu-buru, pariwisata kita buka bertahap,” ungkap.

Bupati Suwirta melaporkan bahwa destinasi wisata di Klungkung daratan semuanya siap mengikuti instruksi Provinsi Bali untuk penerapan protokol tatanan hidup era baru. Untuk promosi objek wisata, sementara ini dilakukan secara online. Dalam situasi seperti ini, promosi secara online lebih cepat dan bisa diakses di mana-mana. Suwirta juga mengaku akan mengecek kesiapaan objek wisata di Nusa Penida, mengingat sebagian dikelola desa. (wira)

Baca juga :  DPRD Klungkung Minta Pemkab Tindak Lanjuti Temuan BPK

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini