9 ODGJ Diamankan, Sebagian Diduga Stres Karena Covid-19

0
18
9 ODGJ Diamankan, Sebagian Diduga Stres Karena Covid-19
DIAMANKAN - Petugas Satpol PP Gianyar saat mengamankan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Gianyar, DenPost

Diduga karena stres menghadapi masalah ekonomi akibat pandemi Covid 19, sejumlah warga di Gianyar mengalami gangguan kejiwaan. Sepanjang bulan Juni dan Juli, Satpol PP Kabupaten Gianyar mengamankan 9 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). ”Sebagian besar ODGJ yang kita amankan karena stres masalah ekonomi, apalagi di masa pandemi covid-19 ini,” ungkap Kasatpol PP Gianyar, I Made Watha, Jumat (10/7/2020).

Dikatakan Watha, sebelum pandemi covid-19, pihaknya memang beberapa kali mengamankan ODGJ. Namun jumlahnya tidak sebanyak selama pandemi ini. Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, ODGJ yang diamankan selanjutnya dikirim ke RSJ Bali di Bangli.

Baca juga :  Kabel Tertimpa Layangan, Listrik di Gianyar Padam

Lebih lanjut dikatakan, dalam bulan Juni saja ada 6 ODGJ berhasil diamankan Satpol PP Gianyar. Sementara pada Juli ini sudah 3 ODGJ yang diamankan. Dikatakannya, penangkapan ODGJ ini berdasarkan laporan dan permintaan perbekel, kadus, TNI, Polri dan pihak keluarga.

Mantan Kadis Sosial Kabupaten Gianyar menambahkan, selain mengamankan ODGJ orang lokal, juga mengamankan wisatawan yang mengalami depresi dan mengamuk. “Kami sering mengamankan orang asing yang mengalami gangguan jiwa dan mengamuk,” tandas Watha. (116)

Baca juga :  Di Gianyar, Biaya Kuota Internet Siswa Diganti Dana BOS

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini